Awan UFO Bukanlah Isapan Jempol!

By , Kamis, 12 November 2015 | 15:00 WIB

Akhir pekan lalu, netizen di Cape Town, Afrika Selatan, ramai memposting foto yang mengingatkan kita akan film klasik invasi alien. Objek pada gambar tampak menakutkan, awan berbentuk piringan terlihat menggantung di langit layaknya UFO.

Akan tetapi, "awan UFO" itu tak perlu ditakuti.

Ahli meteorologi menyebut mereka sebagai awan lenticular, yang terbentuk ketika angin lembab dan kuat bertiup di medan kasar, seperti gunung atau lembah. Kawasan Cape Town dibingkai oleh fitur tersebut, termasuk Table Mountain yang memiliki ketinggian 3.500 kaki (1.066 meter).

Ahli meteorologi menyebut awan UFO sebagai awan stratocumulus lenticularis. (Instagram/keenanherborn via National Geographic)

Saat angin mengalir di atas fitur besar, ia akan menjadi dingin, sehingga akan berkondensasi menjadi awan berbentuk cakram yang berkembang tegak lurus terhadap arah aliran udara.!break!

Awan dalam foto yang sedang viral itu disebut stratocumulus lenticularis, karena tinggi dan bentuknya. Lenticular adalah kata Latin yang berarti seperti lensa, yang merujuk pada bentuknya.

Awan stratocumulus lenticularis (Instagram/clairevanzyl via National Geographic)

Sejumlah laporan terakhir dari penampakan UFO telah dikaitkan dengan awan lenticular, yang dapat terbentuk di banyak tempat di seluruh dunia. Penampakan UFO lainnya telah dikaitkan dengan lubang awan (disebut juga awan kanal), yang dibentuk oleh miniatur badai salju di lapisan awan sub-freezing yang tipis.

Setelah melihat foto-foto diatas, bagaimana pendapat sahabat mengenai awan UFO?