Cassini Menangkap Gambar Baru Epimetheus, Bulan Kecil Saturnus

By , Senin, 16 November 2015 | 12:30 WIB

Epimetheus, juga dikenal sebagai Saturnus XI, merupakan satelit dari gas raksasa Saturnus. Bulan ini ditemukan oleh astronom Richard Walker pada 18 Desember 1966.

Epimetheus, sebuah bulan yang memiliki bentuk kentang dengan dimensi sekitar 84 x 65 x 65 mil (135 x 108 x 105 km, masing-masing).

Epimetheus dan tetangganya, Janus disebut sebagai bulan kembar siam Saturnus, karena mereka mengorbit hampir sama di planet induk.

Menurut para ilmuwan, kedua bulan ini mungkin telah terbentuk oleh perpecahan suatu objek.

Epimetheus merupakan bulan kelima dari jarak ke Saturnus, mengorbit pada planet dalam waktu kurang dari 17 jam. Ia mengunci fasenya dengan Saturnus (yang di satu sisi selalu menghadap ke Saturnus).

Bulan kecil ini diduga terdiri dari air es, tetapi kerapatannya kurang dari 0,7, jauh lebih sedikit daripada air. Dengan demikian, bulan ini mungkin mengandung tumpukan puing batu-batu dan debu longgar yang melayang dengan gravitasi.

Gambar baru dari Epimetheus diperoleh ketika robot Cassini, pesawat ruang angkasa berada sekitar 500.000 mil (800.000 km) dari bulan.

Gambar itu diambil dengan cahaya yang tampak dari sudut sempit kamera Cassini, pada tanggal 26 Juli 2015.

Pandangan terlihat ke arah sisi gelap cincin Saturnus, dari sekitar minus 0,3 derajat di bawah bidang cincin.

Meskipun bulan tampaknya mengintai di atas cincin, itu sebenarnya hanya ilusi yang dihasilkan dari sudut pandang. Pada kenyataannya, Epimetheus dan cincin mengorbit di dalam Saturnus.