Amblyz, Kacamata Teknologi Tinggi untuk Pengobatan <i>Lazy Eye</i>

By , Senin, 16 November 2015 | 11:30 WIB

Sekitar 2-3 persen anak-anak di seluruh dunia menderita ambliopi. Ambliopi atau Amblyopia (lazy eye) adalah pengurangan ketajaman visual pada mata yang mengganggu perkembangan penglihatan selama masa bayi dan anak usia dini.

Penurunan fungsi penglihatan ini terjadi karena adanya kegagalan stimulasi penglihatan atau tidak cukup kuatnya stimulasi yang ditransmisikan dari saraf optikus ke otak pada periode tertentu. Amblyopia biasanya hanya terjadi pada satu mata, tetapi dapat pula mempengaruhi kedua mata. Perawatan ambliopi dapat dilakukan dengan patch mata untuk memperkuat mata yang lemah.

Perawatan patch mata bisa saja memicu stres pada anak dan membuatnya terkucil dari teman-temannya. Banyak anak yang menolak perawatan tersebut. Itulah sebabnya para ilmuwan mengembangkan kaca mata high-tech yang disebut Amblyz. Kaca mata ini diprogram untuk merawat ambliopi. Keberhasilan uji klinis pertama mereka akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan di American Academy of Ophthalmology.

Amblyz bekerja karena lensanya memiliki LCD yang dapat diprogram. Jika dokter menyarankan seorang anak menggunakan patch selama dua jam per hari, misalnya, lensa Amblyz pada mata yang mengalami lazy eye akan menjadi gelap beberapa detik setiap 30 detik selama waktu itu, bekerja sama efektifnya seperti patch.

Dalam penelitian, ilmuwan membandingkan efektivitas Amblyz dengan patch tradisional pada 33 anak-anak berusia 3-8 tahun yang menderita ambliopi. Selama 3 bulan penelitian, satu kelompok menggunakan patch selama dua jam per hari, sementara kelompok lainnya menggunakan Amblyz selama 4 jam sehari. Di akhir percobaan, kedua kelompok menunjukkan peningkatan yang sama. Tak peduli apapun perawatan yang mereka dapatkan, anak-anak mampu melihat rata-rata dua baris pada grafik membaca.

Amblyz bukanlah satu-satunya proyek yang mencari solusi kreatif untuk merawat lazy eye. Beberapa tahun terakhir, ilmuwan juga telah menciptakan video game yang mengklaim dapat merawat lazy eye.

Amblyz telah menerima lisensi dari Food and Drug Administration sebagai perangkat medis. Namun, karena harganya yang mencapai 450 dollar per pasang, Amblyz mungkin tidak terjangkau oleh sebagian besar kalangan. Anak-anak mungkin masih harus bersabar mendapatkan perawatan dengan patch tradisional hingga perangkat medis yang lebih terjangkau diciptakan.