Indonesia Butuh Satu Mimpi Untuk Kembali Hijau

By , Selasa, 17 November 2015 | 07:00 WIB

Alam dan manusia sepertinya tak lagi menjalankan roda kehidupan yang seimbang. Kebaikan alam yang menjadi sumber kehidupan nyatanya tidak sanggup menyentuh hati penikmatnya. Faktanya, bisnis atau uang sanggup menggelapkan mata para pelaku untuk memenuhi kepentingannya. Seperti yang dipaparkan oleh Suzy Hutomo, seorang CEO The Body Shop dan aktivis lingkungan yang turut menyuarakan keprihatinan ini. Ketika dijumpai pada pekan lalu (14/11) di Grand Luley Resort, Bunaken, ia mencoba menjelaskan apa yang sedang dihadapi oleh tanah air.

“Sejak dulu negara ini sudah tahu apa yang harus diperbuat. Gambut itu tidak boleh dibuka, harus diairkan kembali. Solusi yang paling tepat ya stop deforestasi, hanya saja kalah dengan kepentingan politik dan korupsi,” tutur Suzy Hutomo diakhiri dengan tawa. Sosok yang terlibat dalam Climate Change Project Al Gore ini menentang keras deforestasi.

Sayangnya, mayoritas masyarakat belum menyadari bahwa hutan yang telah hangus seluas 2.089.911 hektare kemarin merupakan masa depan Indonesia. Dalam peristiwa ini para produsen atau perusahaan besar kembali dituding sebagai pemeran utama. Menurutnya, penanaman sawit harus dilakukan secara sustainable untuk menjaga keseimbangan ekosistem. “Saya yakin kalau policy dan rules diterapkan dengan tegas, perusahaan akan menyesuaikan diri. PR yang harus dikerjakan pemerintah adalah mengedukasi para smallholder­,” tukas Suzy. 

Menjalankan bisnis yang bertanggung jawab masih menjadi tantangan yang besar. Bagi Suzy bisnis tidak semata-mata mengeruk keuntungan, tetapi memelihara alam sebagai aset di masa depan jauh lebih krusial. Perempuan yang mengagumi kemolekan Kalimantan ini optimis bahwa Indonesia masih memiliki kesempatan untuk hijau kembali. “Kita butuh one map, on dream, and one vision yaitu mewujudkan mimpi bahwa manusia dan alam bisa hidup berdampingan lagi layaknya simbiosis mutualisme,” jelasnya.

Menjadi seorang pecinta lingkungan membuat Suzy selalu menebar semangat untuk mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan. Seperti dukungannya dalam kampanye #BeliYangBaik yang digencarkan oleh WWF-Indonesia. Menjadi konsumen yang cerdas bagi Suzy adalah langkah sederhana untuk mengawali perubahan. Mengurangi penggunaan dan “Apabila gerakan ini dilakukan secara masif, saya yakin Indonesia masih punya kesempatan untuk hijau kembali,” tegasnya.