Spesies Baru Arachnida Diberi Nama Karakter Lord of the Rings

By , Selasa, 24 November 2015 | 14:30 WIB

Para ilmuwan di Brazil baru saja mengidentifikasi lagi spesies harvestman. Mereka menamakannya dengan referensi lucu-namun-akurat dari karakter Lord of the Rings.

Iandumoema Smeagol adalah arachnida penuai tanpa mata yang hidup di gua. Ia dinamai Smeagol, seorang karakter hobbit malang yang (menjadi) berlendir, Gollum penghuni gua di seri novel JRR Tolkien (dan kemudian, film).

"Namanya sesuai biologi," kata ahli arachnida, Christopher Buddle dari Kanada McGill University. Ia mengacu pada fakta bahwa Smeagol menghabiskan bertahun-tahun terisolasi di sebuah gua, akhirnya tumbuh pucat menjadi seorang Gollum yang terkucilkan. Demikian pula, archnida ini, yang kehilangan sebagian besar pigmentasi setelah beberapa generasi tinggal di gua lembab dan gelap.

"Hal luar biasa tentang spesies ini adalah bahwa, ia memiliki nama bagus yang beresonansi dengan publik dan biologi, dan cukup menarik sebagai penghuni gua rahasia," kata Buddle, yang tidak terlibat dalam penelitian terbaru. Penulis utama jurnal adalah Ricardo Pinto-da-Rocha dari Sao Paulo Instituto de Biociences.

Harvestmen merupakan arakhnida, tetapi bukan laba-laba. Mereka termasuk urutan yang berbeda (Opiliones). Harvestmen memiliki satu pasang mata dan struktur tubuh menyatu, berbeda dari laba-laba, namun mereka dinyatakan saling menyerupai. Harvestmen memiliki kelompok beragam lebih dari 6.500 spesies. Mereka tergolong scavenger atau omnivora, dan mereka yang memburu mangsa tidak dianggap berbahaya, karena mereka tidak memiliki racun dan gigi tajam.

Norman I. Platnick, seorang arachnologis dari American Museum of Natural History di New York, menambahkan bahwa genus, Iandumoema, tampaknya hanya terdapat di gua-gua. "Penemuan ini tidak biasa," katanya.

"Perlahan tapi pasti, kami akan menemukan dan menamakan keanekaragaman hayati Bumi," kata Buddle.

Semoga itu tidak sama lambatnya dengan jejak dari hobbit.