Mesin Jet untuk Pesawat Luar Angkasa

By , Senin, 23 November 2015 | 19:00 WIB

Sebuah mesin roket berpotensi mengubah permainan. Mesin ini telah menarik investasi baru yang signifikan, untuk memungkinkan pembangunan teknologi luar angkasa.

Synergetic Air Breathing Rocket Engine (SABRE) menggabungkan unsur jet dan roket mesin. Hal ini dirancang untuk memungkinkan "pesawat luar angkasa" lepas landas dari landasan pacu konvensional dan "terbang" ke orbit.

Setelah misinya selesai, pesawat akan kembali ke tanah seperti pesawat lainnya, sehingga dapat digunakan kembali. Mesin ini juga harus dibuat lebih murah daripada peluncuran roket konvensional.

SABRE adalah gagasan dari insinyur Inggris, Alan Bond, yang mendirikan Reaction Engine pada tahun 1989.

Kelangsungan hidup dari mesin telah divalidasi oleh European Space Agency (ESA) selama review yang dilakukan atas permintaan pemerintah Inggris. Hal ini melibatkan pemberian sebesar £50 juta oleh pemerintah untuk membantu persiapan desain, pembuatan dan pengujian mesin demonstrasi. ESA kini sedang menyusun kontrak senilai $ 10 juta.

Sekarang, investasi swasta juga telah diumumkan. Perusahaan dirgantara global, BAE System akan berinvestasi sebesar £20 juta dengan imbalan 20% dari keuntungan Reaction Engine, dan akan masuk sebagai mitra kerja mereka. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk bergerak ke arah pembuatan mesin uji berbasis tanah, merupakan tonggak penting.

SABRE bekerja sebagai mesin jet untuk mempercepat pesawat luar angkasa menjadi lima kali dari kecepatan suara. Dengan mengubah cara kerjanya, pesawat kemudian menjadi mesin roket, mempercepat jadi lebih dari 25 kali kecepatan suara, cukup cepat untuk menempatkan pesawat luar angkasa langsung ke orbit.