Sirkus Paus Pembunuh Resmi Dihentikan

By , Senin, 23 November 2015 | 16:00 WIB

Berita ini jelas merupakan kabar gembira bagi para pecinta binatang. Mulai tahun depan, sirkus paus pembunuh dihentikan untuk selamanya.

Salah satu kebun binatang terbesar di dunia, San Diego Zoo, baru-baru ini mengabarkan bahwa mereka akan menghentikan show paus pembunuh mereka yang terkenal. Kabar ini sudah dikonfirmasi oleh pihak San Diego Zoo sendiri.

Walau sirkus paus pembunuh sudah dihentikan, bukan berarti mereka akan dilepaskan ke alam liar. Mulai tahun depan pihak San Diego Zoo akan membuat program baru yang dianggap lebih natural dan tidak mengeksploitasi hewan dengan brutal. Para paus ini akan dibuatkan program edukasi bersentuhan langsung dengan binatang.

Dengan adanya program baru ini, pihak SeaWorld (bagian khusus di San Diego Zoo yang berisi binatang-binatang laut) berkata bahwa mereka akan memberi informasi dan inspirasi pada pengunjung. Mereka berjanji tiak akan memperlakukan hewan yang pintar sebagai binatang sirkus.

Keputusan tersebut diambil setelah munculnya berbagai protes ke pihak SeaWorld akibat film dokumentasi berjudul Blackfish. Dalam film itu disebutkan bahwa paus pembunuh tidak bisa hidup bebas seperti di alam liat dan mereka memiliki umur yang lebih pendek.

Dalam waktu beberapa bulan setelah kemunculan film itu,  negara bagian California langsung melarang penangkapan dan pembiakan paus pembunuh. Semoga saja dengan adanya peraturan baru ini makin banyak hewan yang tetap memiliki kebebasan hidup di alam liar.