<i>NusantaRun</i>, Berlari Sembari Menggalang Donasi

By , Senin, 23 November 2015 | 14:00 WIB

Berdonasi dapat dilakukan oleh setiap orang melalui banyak cara. Salah satu cara unik dan menyenangkan untuk berdonasi yaitu melalui acara NusantaRun. Di acara NusantaRun, orang-orang dapat berlari sambil menggalang donasi. NusantaraRun merupakan sebuah “running movement”,  di mana semua pesertanya bisa memberikan kontribusinya untuk orang lain.

Dalam acara NusantaRun, terdapat tiga elemen yang saling mendukung satu sama lain: peserta yang berlari dari satu tempat ke tempat lain yang indah dan ikonik di Indonesia, tim pemberi semangat di sepanjang rute berlari, dan donatur yang memberikan donasi melalui peserta lari favorit mereka.

NusantaRun menjadi titik temu antara kecintaan pada olahraga lari dan kecintaan terhadap negeri kita, sekaligus sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masa depan orang lain.

NusantaRun telah rutin digelar sejak tahun 2013. Chapter pertama selesai dilaksanakan pada 28 Desember tahun lalu dengan menempuh jarak 53,5 km dari Monumen Nasional (Jakarta) ke Kebun Raya Bogor. Dari NusantaRun chapter 1, donasi yang  berhasil dikumpulkan sebesar Rp 137.000.000 dan disumbangkan untuk Yayasan Care 4 Kids Indonesia.

Sedangkan NusantaRun chapter kedua diadakan pada 20-21 Desember 2014 dengan jarak lari 118 km melanjutkan dari kota Bogor (Balai Kota Bogor) menuju Bandung (Balai Kota Bandung). Donasi yang terkumpul dari NusantaRun chapter kedua sebesar Rp 548.894.462.

Kini, NusantaRun tengah mempersiapkan chapter ketiga. NusantaRun telah menutup kompetisi bagi yayasan sosial yang bergerak di bidang pendidikan untuk menentukan yayasan yang berhak menerima dana hasil NusantaRun chapter ketiga.

Dalam kompetisi tersebut, terdapat persyaratan berupa beberapa berkas administrasi yang harus dipenuhi oleh yayasan sosial. Berkas tersebut di antaranya adalah proposal, fotokopi legalitas organisasi, serta laporan keuangan organisasi.

Waktu pengiriman berkas telah berakhir tanggal 30 April lalu dan pengumuman pemenang juga telah dilakukan di bulan Mei 2015. Sedangkan penyerahan dana rencananya akan dilakukan pada Januari 2016, setelah NusantaRun chapter ketiga selesai dilaksanakan pada Desember 2015 mendatang.