Menikmati Nuansa Musim Gugur Kota Tua Vilnius

By , Sabtu, 28 November 2015 | 12:00 WIB

Mata ini dimanjakan oleh warna-warni dedaunan yang mulai menguning, memerah bahkan kecoklatan. Tak hanya di taman namun juga di sepanjang jalan yang tampak sendu menyambut musim gugur. Ruduo, begitulah orang lokal menyebutnya. Musim gugur di Vilnius, Lithuania, tampak lebih indah di kota tua saat bangunan kokoh berusia ratusan tahun berpadu dengan warna-warni pepohonan.

Kota Tua Vilnius (Old Town) merupakan salah satu kota tua terluas di Eropa yang dibangun mulai abad ke-14. Kawasan ini memiliki luas sekitar 5,59 Km2 dan didalamnya terdapat 1.487 bangunan. Beberapa referensi menyebutkan bahwa Kota Tua Vilnius memiliki keistimewaan yang membuatnya berbeda dimana gaya arsitektur besar Eropa berdiri berdampingan, sebut saja gaya Gothic, Renaissance, Baroque, atau Neo Classic.

Tidak mengherankan jika kawasan ini dimasukkan dalam UNESCO World Heritage pada tahun 1994. Menjelajahi situs-situs sejarah di kota tua sambil mengabadikan foto sangat layak untuk dilakukan, terutama bagi pejalan yang gemar fotografi.

Menyusuri jalanan sempit diatara gedung-gedung tua menjadi petualangan menembus 'labirin'. Bersiap-siaplah untuk tersesat. Selain itu, Panorama indah kota tua juga dapat dinikmati dari ketinggian yakni dari Kastil Gediminas (Gediminias Castle) atau dari Bukit Tiga Salib (Hill of Three Crosses).

Saat-saat terbaik untuk menikmati keindahan Ruduo di Vilnius adalah pertengahan Oktober, karena cuaca yang cenderung cerah meski suhu sudah mencapai kisaran 3 – 8 derajat celcius. Jaket ringan atau sekadar baju hangat tentu akan membuat penjelajahan anda nyaman.