Drone Pelacak Hiu dan <i>Drumlines</i> Mencegah Serangan Hiu di Australia

By , Senin, 30 November 2015 | 11:00 WIB

Pemerintah Australia mengumumkan sebuah pengujian drone di atas perairan pesisir Australia sebagai upaya mengurangi serangan hiu. Pengujian pertama dimulai di Coffs Harbor bagian tenggara negara bagian New South Wales (NSW). Uji coba ini akan melacak hiu, dan mengirimkan koordinat GPS mereka ke operator drone.

Uji coba pesawat tak berawak itu adalah bagian dari strategi untuk mencegah serangan hiu. Pada 2015, tercatat 14 NSW serangan hiu, mengakibatkan satu kematian.

"Tidak ada cara mudah untuk mengurangi risiko bagi perenang dan peselancar," ungkap Niall Blair, Menteri Industri Primer, Tanah dan Air.

"Kami memberikan komitmen untuk menguji ilmu terbaik yang tersedia, termasuk teknologi baru, seperti dengan menemukan solusi jangka panjang yang efektif untuk menjaga pantai kita tetap aman." tambahnya.

Blair menambahkan bahwa ini merupakan uji coba pertama dari banyak pengujian lainnya, yang akan berlangsung di negara pantai selama musim panas ini. Seperti mengambil pendekatan yang terintegrasi untuk bekerja di luar solusi jangka panjang.

Pemerintah juga mengumumkan instalasi  garis drum "pintar" yang secara fisik menangkap, menandai dan melepaskan hiu.

Drum "pintar" ini, menurut Shark Year Magazine adalah drum yang dilengkapi dengan GPS, terdapat kamera bawah air dan sensor berbeda dari kait yang melapisi drum tradisional. Jika hiu terdeteksi, fitur "pintar" ini akan meningkatkan sinyal peringatan kepada operator. Dan jika spesies non-target tertangkap, fitur ini dengan teknologinya memungkinkan operator untuk campur tangan relatif lebih cepat, dalam waktu dua jam.

Blair mengatakan jika set pertama garis drum "pintar" akan ditempatkan di Ballina di NSW. Pada pelacakan real time hiu ini disediakan pula dua listening station 4G oleh pemerintah NSW, yang akan diposisikan di Pantai Sharpe, Ballina dan Clarkes Beach, Byron Bay.

Namun, beberapa kelompok konservasi memiliki kekhawatiran tentang teknologi ini. Setelah pengumuman pemerintah, Humane Society International (HSI) di Australia menyatakan kekecewaan atas keputusan tersebut.

"Pandangan kami bahwa Smart Drumlines merupakan rencana tambahan Pemerintah yang tidak perlu untuk pengelolaan hiu di NSW," kata ilmuwan kelautan, anggota HSI, Jessica Morris dalam sebuah pernyataan.

"Rencana untuk menginstal drumlines ini di tempat-tempat seperti Coffs Harbour dan Ballina serta daerah lainnya di NSW, bisa mengakibatkan kematian banyak spesies non-target seperti hiu martil dan hiu grey nurse, yang keduanya dilindungi di NSW. Kita telah melihat dari drumlines yang ditempatkan di WA, Kepulauan Reunion, dan Queensland bahwa perangkat tersebut tidak efektif dalam menangkap hiu putih tapi memiliki dampak serius pada ekosistem laut kita. Drumlines menangkap penyu laut lebih dari hiu putih di Queensland dan mamalia laut seperti lumba-lumba juga ditangkap. "

Pemerintah NSW juga berencana untuk meningkatkan pengawasan helikopter udara di Pantai Utara. "Helikopter akan terbang setidaknya tiga jam setiap hari, jika cuacanya memungkinkan. Mulai 1 Desember sampai 26 Januari 2016, helikopter terbang dari Byron Bay ke Evans Head dua kali sehari," ungkap Blair.