Ukiran Berusia 13.800 Tahun Menggambarkan Perkemahan Pemburu Paleolitik

By , Rabu, 6 Juli 2016 | 18:00 WIB

Sebuah objek ukiran ditemukan di Moli del Salt, Spanyol diperkirakan dari zaman akhir Paleolitik, sekitar 13.800 tahun yang lalu. Ukiran tersebut menunjukkan perkemahan pemburu, menurut sebuah makalah yang diterbitkan pekan ini dalam jurnal PLoS ONE.

Objek seni Paleolitik yang dimaksud adalah ukiran pada lempengan batu sekis. Batu sekis tersebut ditemukan di situs pemukiman batu, Moli del Salt, di timur laut Iberia pada 2013. Lempengan itu kira-kira memiliki lebar 18 cm, tinggi 8,5 cm, dan tebal 3,6 cm.

"Lempengan ini menampilkan tujuh motif berbentuk setengah lingkaran," kata penulis studi, Dr Manuel Vaquero dari Rovira dan Virgili University dan Dr Marcos García-Diez dari Universitas Basque Country.

Karena bentuk dan proporsi, para ilmuwan menafsirkan motif tersebut sebagai bagian dari pondok.

"Ukuran dari unit grafis bervariasi seperti lebar antara 4,3 dan 2 cm dan tinggi antara 2,2 dan 1,4 cm," kata mereka.

"Kami berhipotesis bahwa tujuh motif berbentuk setengah lingkaran di ukiran Moli del Salt mewakili tempat tinggal atau pondok."

Dr Vaquero mengungkapkan, jika ukiran Paleolitik dari timur laut Spanyol ini membawa mereka pada representasi pertama dari kelompok sosial manusia. Konteks arkeologi dari situs Moli del Salt memperkuat interpretasi ukiran tersebut.

"Di depan pemukiman batu terdapat dataran yang menurun lancar ke sungai, terletak 100 m ke selatan dari situs. Hal ini telah didokumentasikan pada beberapa situs Magdalenian terbuka, yang ditafsirkan sebagai tempat perkemahan dan ditandai oleh kelompok tersisa, sesuai dengan wilayah domestik,"kata Dr Vaquero dan Dr Garca-Diez.

"Pada dataran di depan pemukiman batu Moli del Salt, permukaan sisa-sisa arkeologi yang berlimpah dan ribuan artefak telah ditemukan selama bertahun-tahun. Sebagian besar dari temuan itu menunjukkan penampilan segar, yang berarti bahwa pemburu tidak mengungsi dari pemukiman batu, "

"Selain itu, mereka menunjukkan karakteristik teknologi dan tipologi yang sama dari kumpulan batu dari pemukiman batu tersebut."

Lempengan batu Moli del Salt sekarang ditempatkan di Institute of Human Paleoecology and Social Evolution di Tarragona, Spanyol.