11 Manfaat Kesehatan dari Pisang

By , Selasa, 15 Desember 2015 | 13:00 WIB

Pisang adalah salah satu buah yang dapat dijumpai dengan mudah. Ia hadir hampir di setiap hidangan penutup. Tidak sekadar dikonsumsi, pisang memiliki manfaat bagi tubuh. Nah, bagi Anda pencinta pisang, apakah Anda pernah memikirkan manfaat kesehatan dari pisang?

1. Pisang mengandung glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang dapat memberikan energi bagi tubuh. Pisang juga menjadi pilihan yang ideal bagi mereka yang menderita diabetes.

2. Pisang kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan buang air besar karena mengatur pergerakan usus secara tepat. Jadi, bagi kita yang mengalami susah buang air besar atau sembelit, mengonsumsi pisang adalah pilihan yang baik.

3. Kandungan kaliumnya yang tinggi pada pisang juga cocok untuk penderita diare.

4. Pisang juga mengandung zat besi yang tinggi, sehingga akan membantu mengatasi anemia.

5. Pisang mampu mengurangi depresi dan meningkatkan mood, karena mereka akan meningkatkan sekresi serotonin, yaitu hormon suasana hati. Serotonin dapat disekresikan dengan bantuan triptofan yang terkandung dalam pisang.

6. Pisang dapat membantu penderita tekanan darah tinggi dan yang rentan terhadap stroke atau penyakit jantung, karena pisang mampu menjaga tingkat tekanan darah.

7. Pisang cocok bagi wanita hamil, karena mereka mampu menahan rasa mulas dan mual di pagi hari.

8. Pisang juga dapat mengatasi stres, karena stres cenderung mengurangi tingkat kalium dalam tubuh yang kemudian menyebabkan ketidakseimbangan dalam tingkat air dan palpitasi (jantung berdebar).

9. Pisang merupakan antasida alami yang dapat mempromosikan bakteri probiotik dalam sistem pencernaan. Dengan ini, mereka dapat mencegah hingga menyembuhkan maag.

10. Nilai gizi yang tinggi pada pisang selanjutnya dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan ginjal.

11. Manfaat kesehatan dari pisang yang terakhir adalah membantu mengatasi penarikan nikotin dalam tubuh karena kandungan vitamin B6, B12, magnesium, dan kaliumnya.