Cuaca Buruk Menghasilkan Gambar yang Bagus

By , Jumat, 18 Desember 2015 | 09:00 WIB

Fotografer Dan Westergren baru-baru ini menjelajahi seluruh Australia Selatan dan menangkap momen dari orang-oang dan tempat-tempat wilayah yang menarik. Wilpena Pound, adalah salah satu tempat yang memiliki keindahan visual Australia Selatan yang terletak di pusat Taman Nasional Flinders Rangers.

Dari tanah, terlihat susunan batu yang spektakuler yang terlihat sangat bagus ketika terkena sinar matahari.

“Saya pergi keluar pada pukul 5pagi,berharap berada di ‘Hucks’ dan mendapatkan momen yang pas untuk foto ‘Pound’ ketika terkena cahaya pertama hari itu. Tapi sepertinya alam pertiwi memiliki rencana yang beda, pada umumnya Flinder Rangers adalah tempat yang gersang, tetapi kunjungan saya waktu itu sedang tidak tepat, hujan turun dengan derasnya. Meskipun langit dipenuhi dengan awan tebal, saya terus menuju ke atas dan berharap, entah bagaimana hujan bisa berhenti. Segera setelah sampai dan sekitar 20 menit sebelum matahari terbit, saya melihat sedikit spotlight bersinar pada pohon-pohon kecil, saya berharap bisa memotret pijaran Alpen dengan warna warni yang menakjubkan sebelum matahari terbit, rasanya seperti mencium ridgeline, tapi pegunungannya benar-benar tertutup awan ”

“Tersadar bahwa saya sudah menjelajahi seluruh pijaran Alpen yang bersinar diantara semak-semak kecil, setinggi dada, aku memotret dua buah foto sebelum kembali ke keadaan biasa dan membosankan. Perlahan, awan berpisah dan matahari bersinar dari tebing, suasana kembali menyenangkan dan untungnya saya memperhatikan .”

Tips Foto : Terkadang fotografer suka mengeluh tentang cuaca yang akan meruntuhkan rencana mereka. Selama bertahun-tahun, saya telah menyadari bahwa maxim terbaik adalah ketika ‘Cuaca buruk membuat gambar yang bagus.’

Menggunakan kamera:  Fujifilm X-T1 dengan Fuji XF 14mm, f/2.8 R.