Sampah Plastik, Harus Segera Diperhatikan

By , Jumat, 25 Desember 2015 | 15:00 WIB

Hampir mendekati angka 1juta, partikel mikroplastik sudah mencemari setiap kilometer persegi sungai  Rhine. Berjarak 820 km dengan kota Basel dan Rotterdam, para peneliti menemukan setidaknya 4 juta mikropartikel mencemari sungai di daerah Ruhr,Jeman.

Mikroplastik yang berdiameter kurang dari 5 mm ini membuat para peneliti merasa keberadaan mereka akan berbahaya bagi biota-biota laut.  

Sungai Rhine, adalah salah satu sungai terpanjang di Eropa dengan memiliki panjang 1,232 km yang mengalir ke Laut Utara dan memiliki polusi mikroplastik yang tinggi. Enam Negara yang dilewati sugai Rhine merupakan negara dengan kepadatan penduduknya yang tinggi. “daerah ini adalah rumah bagi 50 juta orang dan 10% adalah kawasan industri kimia” 

Hal-hal yang perlu diperhatikan

Kota Duisburg dan Rees di Jerman  adalah salah satu kota dengan kawasan industri tebesar yang juga menghasilkan polusi terbesar dibandingkan dengan kota-kota lain disekitarnya. Sedangkan enam sampel yang diambil dari kedua kota tersebut hanya menghasilkan dua pertiga sampah plastik dan mikroplastik selama penelitian  .

Secara umum, sungai Rhine menempati urutan ke empat dari sumber mata air yang paling tecemar di Swiss, dan lebih tercemar delapan kali dibandingkan dengan Great Lakes di Amerika Utara. Para peniliti menjelaskan dengan tegas bahwa kita harus mengambil langkah segera dalam permasalahan pengelolaan sampah plastik. Memang saat ini sudah ada undang-undang yang mengatur tentang sampah, namun undang-undang saja tidak cukup .