Fakta-Fakta Menarik Seputar Game Duel Otak

By , Sabtu, 19 Desember 2015 | 10:00 WIB

Ada warna baru pada linimasa Twitter dan Path beberapa bulan terakhir: netizen saling pamer perolehan skor "Duel Otak". Dari situ, game adu wawasan tersebut semakin viral. 

Kalangan remaja hingga orang tua berlomba-lomba menjadi yang terpintar versi game asal Swedia itu. Ya, bagi yang belum tahu, "Duel Otak" bukan karya anak bangsa. Simak beberapa fakta menarik seputar Duel Otak.

1. Karya Swedia yang dilokalisasi

Game duel otak melejit menjadi game populer di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa Duel Otak bukan merupakan karya anak bangsa? Banyak orang terkecoh karena nama dan konten game bernuansa lokal. Sebenarnya, Duel otak merupakan hasil karya kolaborasi dua pasang saudara yang tergabung dalam FEO Media, yaitu Robert Willstedt, Henrik Willstedt, Kalle Landin dan Olle Landin. Mereka berasal dari latar belakang profesi berbeda-beda. Robert merupakan mantan guru, Henrik dulunya bekerja sebagai produser televisi dan Landin bersaudara merupakan ahli pemrogram peranti lunak di Swedia.

2. Duel Otak alias Quizkampen

Judul orisinil Duel Otak ialah Quizkampen. Game ini pertama kali dirilis tahun 2012 dan diperuntukkan untuk pasar Swedia. Quizkampen dirilis untuk pasar Indonesia pada tahun 2015 dengan nama Duel Otak. Hingga saat ini, terdapat 21 versi game Quizkampen.

3. Ada 25.000 Pertanyaan

Saat ini, terdapat sekitar 25.000 pertanyaan yang tersedia di game Duel Otak versi Indonesia. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena Tim Duel Otak punya strategi sendiri untuk terus menambah jumlah pertanyaan di game mereka. Ada dua cara, yaitu dengan membuat pertanyaan yang dilakukan oleh tim editorial internal, dan membuat pertanyaan yang didasarkan atas sumbangan dari pengguna. Setiap pertanyaan yang diajukan akan diperiksa dengan seksama untuk memastikan bahwa fakta dan penggunaan bahasanya sudah benar. Saat ini, totalnya ada 600 ribu pertanyaan yang telah dimiliki oleh FEO Media untuk seluruh versi game Quizkampen.

4. Ada Jutaan Pemain Duel Otak

Ada sekitar 65 juta total pengguna untuk seluruh versi game Quizkampen. Sedangkan Duel Otak memiliki sekitar 6,3 Juta pengguna terdaftar dan 3,5 juta pengguna aktif di Indonesia. Apakah Anda termasuk salah satunya?