Benarkah Orang Kidal Beresiko Lebih Besar Meninggal Karena Kecelakaan?

By , Senin, 28 Desember 2015 | 10:00 WIB

Kebanyakan dari kita cenderung lebih banyak menggunakan tangan kanan di banding tangan kiri dalam melakukan berbagai pekerjaan. Namun, ada beberapa orang yang justru berkebalikan. Orang-orang yang lebih banyak menggunakan tangan kirinya dibanding tangan kanan biasa disebut kidal.

Kira-kira 8–15% dari penduduk dewasa adalah kidal. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa tangan kidal lebih umum ditemukan di kalangan laki-laki daripada perempuan. Ada sebuah rumor yang mengatakan bahwa orang kidal memiliki resiko yang lebih besar untuk meninggal karena kecelakaan. Mengapa demikian?

Kaum kidal memiliki resiko lebh besar untuk tewas akibat kecelakaan karena perkakas dan mesin industri dirancang bagi orang-orang pengguna tangan kanan. Oleh sebab itu orang kidal lebih mungkin cedera oleh alat mekanik yang sedang mereka gunakan.

Selain itu, ketika menjumpai sebuah penghalang, orang pengguna tangan kanan pada umumnya akan menghindari penghalang itu dengan memutar ke sebelah kanan, sedangkan orang kidal cenderung memutar ke sebelah kiri.

Ketika dua orang yang sama-sama pengguna tangan kanan atau sama-sama kidal mendekati penghalang dari arah berlawanan, mereka akan berpapasan dengan aman tanpa bertumbukan. Berbeda jika dua orang dengan kecenderungan berbeda mendekati penghalang itu. Mereka akan lewat ke sisi penghalang yang sama dan dapat membuat keduanya bertabrakan.

Karena kebanyakan orang tidak kidal, orang kidal akan paling sering mengalami situasi seperti ini. Ini sebuah contoh sederhana, tapi kalau ditinjau secara ekstrim dengan peluang berpapasan yang banyak, peluang kecelakaan pada orang kidal jelas lebih besar. 

Meski begitu, tak perlu khawatir, banyak kelebihan yang dimiliki oleh orang kidal.  Orang kidal biasanya memiliki otak yang lebih terstruktur sehingga kemampuannya di atas rata-rata, bukan hanya dalam intelektual, melainkan juga kemampuan estetika (seni), linguistik (sastra), kinestetik (olahraga), dan lain sebagainya.

Albert Einstein, Bill Gates, Beethoven, Isaac Newton, Leonardo Da Vinci, Lin Dan, Napoleon Bonaparte, Lionel Messi dan Valentino Rossi merupakan tokoh-tokoh di dunia yang ternyata bertangan kidal!