Foto Terbaru NASA ini Memperlihatkan Posisi Bumi Berada di Atas Bulan

By , Selasa, 22 Desember 2015 | 12:00 WIB

Foto terbaru yang diambil oleh tim NASA memperlihatkan posis bumi yang berada di atas permukaan bulan. Foto tersebut diambil menggunakan Lunar Reconnaissance Orbiter (LRO) milik NASA.

“Gambar tersebut sangat menakjubkan,” kata Noah Petro, Wakil Ketua Proyek LRO.

Meskipun foto ini memperlihatkan seolah-olah Bumi naik di atas bulan, namun gambar itu akan berbeda jika kita melihatnya dari sisi bulan. Satu sisi bulan - yang dikenal sebagai nearside - selalu menghadap ke arah Bumi dari perspektif kita dikarenakan efek yang dikenal sebagai ‘efek kunci pasang surut’. Namun, Bumi tidak pernah benar-benar naik jika dilihat dari perspektif Bulan.  

Gambar LRO ini merupakan yang paling baru dari sejarah foto “kenaikan Bumi” yang menunjukkan planet kita jika dilihat dari sudut pandang orang-orang atau robot yang telah mengelilinginya. Foto bumi yang berada di atas bulan paling terkenal kemungkinan adalah foto yang diambil pada 24 Desember 1968 oleh astronaut Apollo 8. Pada 24 Desember malam, Frank Borman, Jim Lovell dan William Anders mengadakan siaran langsung, memperlihatkan pemandangan Bumi dan Bulan kepada orang-orang di seluruh dunia.

Foto terbaru yang memperlihatkan posisi bumi berada di atas permukaan bulan ini berasal dari gambar-gambar yang diambil dari dua kamera berbeda pada 12 Oktober. Diduga posisi kamera berada 83 mil di atas permukaan bulan bernama Compton.

Untuk menampilakn LRO kenaikan bumi tidak mudah. LRO bisa mengambil 12 foto kenaikan bumi setiap harinya. Namun, pesawat luar angkasa hampir selalu sibuk mencitrakan permukaan bulan sehingga jarang ada kesempatan bagi instrumen kamera untuk menangkap pemandangan Bumi.