Bintang ini Siap untuk Perang, NASA Temukan Lightsaber

By , Selasa, 22 Desember 2015 | 20:00 WIB

NASA secara resmi mengalami demam Star Wars juga ! Badan antariksa tersebut merilis gambar dari teleskop Hubble yang terlihat seperti lightsaber.

Kosmik Lightsaber mereka menyebutnya, memang berada jauh, jauh, dan jauh (sekitar 1.350 tahun cahaya), tetapi itu masih dalam galaksi kita sendiri. Llightsaber merupakan bagian dari dua materi jet sangat panas ditembak dari sebuah bintang yang baru lahir. Jet terletak di sepanjang sumbu rotasi bintang. Masing-masing jet knot gas samar, disebut obyek Herbig-Haro, yang membentuk jet bertabrakan dengan gas sekitarnya, di Orion B, kompleks awan molekul, tempat di mana banyak bintang baru sedang lahir.

Bukan kebetulan bahwa NASA menyebutnya lightsaber, dan merilis gambar tersebut pada malam premier Star Wars.

"Fiksi ilmiah telah menjadi inspirasi bagi generasi ilmuwan dan insinyur, dan film seri Star Wars tidak terkecuali," kata John Grunsfeld, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Sains NASA dalam sebuah pernyataan. "Tidak ada kasus kuat untuk memotivasi ilmu nyata daripada penemuan yang berasal dari teleskop ruang angkasa Hubble karena telah membongkar misteri alam semesta."

Para peneliti berharap untuk terus mengungkap misteri tertentu. Siaran pers NASA menggambarkan bintang dan jet sebagai "target ideal" untuk James Webb Space Telescope, yang akan dapat melihat lebih jauh awan yang mengelilingi bintang.

Lihat video yang menunjukkan lokasi jet bintang di bawah ini.