Mata Harimau, Penis Buaya: Menu Makan Malam di Malaysia

By , Sabtu, 26 Desember 2015 | 11:00 WIB

Negara yang sejak lama dikatakan sebagai tempat transir paling strategis untuk menyelundupkan satwa liar dan produk-produk satwa liar untuk ke negara asia lainnya. Tetapi bukti terbaru dari TRAFFIC, organisasi pemantauan satwa liar, mengatakan bahwa di Malaysia menawarkan produk-produk satwa liar, dalam hal ini sebagai makanan eksotis.

Menurut Kanitha Krishnasamy, Manajer dari TRAFFIC di Asia Tenggara, sudah menangani para distributor obat-obat tradisional dan sovenir seperti figura dan gelang dari satwa liar.

“Produk-produk ini didapatkan dari  pedagang satwa liar atau dari penyelundup yang sedang berlabuh di sepanjang pantai wilayah Malaysia. Para penyelundup mengubah modus operandi mereka,”  kata Kanitha  Krishnasamy, “dengan menggunakan yang canggih dalam penyembunyiannya membuat kami semakin merasa ditantang untuk menyelidikinya lebih lanjut. Baik itu produk dari satwa liar atau bahkan satwa liar yang disembunyikan. Setiap peti, kaleng atau karung yang ditandai sebagai tekstil atau kedelai, tetap kami selidiki.”

Abdul Kadir Abu Hashim, Direktur penegak hukum dari Perlindungan satwa liar dan taman nasional Malaysia mengatakan kepada News Straits Times bahwa Malaysia hanya mengizinkan restoran dengan perizinan yang sah untuk menjual daging dari hewan-hewan yang dilindungi.

Tetapi masih banyak restoran yang menjual daging illgeal yang dibawa oleh para penyelundup , kata Kadir.”produk tersebut hanya dijual kepada distributor yang sudah dikenal oleh para penyelundup, dengan meberitakannya dari mulut ke mulut, melalui media sosial yang kemudian diberitahukan kepada pelanggan tentang makanan eksotis ini.”

Beberapa hewan liar yang dijadikan sebagai Menu Makanan Malaysia ialah: Sun bear, leaf monkey, clouded leopard, serow (kambing- dan kujang bertanduk), dan kadal. Cangkak kura-lembut kura raksasa asia, dan yang membahayakannya lagi, menu ini sangat popular. Tertarik mencoba untuk makan daging kijang? Atau muntjac (dari daging kijang juga) ? mereka dalam pilihan menu juga. Walaupun sudah ada hukum yang melarang menjual kedua spesies tersebut.

Tidak murah untuk dapat menikmati menu-menu in. ketika daging Serow seharga dengan tujuh dollar per potong, seporsi dari penis buaya mencapai harga sebesar $58. Bola mata harimau seharga $170 perbuah, daging trenggiling seharga $300 per kilo, sup harimau sehagra $320 per mangkuk, dan Clouded Leopard seharga $5,700.

Sebuah pelanggaran dari Kejahatan terhadap satwa liar yang dilindungi di Malaysia akan dikenakan denda sebesar $10,000 atau dua tahun hukuman penjara. Awal tahun ini, seorang pria dikenakan denda sebesar $7,000 karena memiliki 10 ekor ular python, 3 ekor kura-kura raksasa, 9 ekor penyu belimbing, dan 26 ekor katak yang akan diberikan ke restoran.

Pada awal desember, Wildlife and Parks Department menggrebek sebuah rumah pemotongan hewan babi di Wakaf Tapai di marang, daerah selatan Malaysia  dan menemukan sekitar $12,000 produk-produk satwa liar. Kejadian ini menambah panjang daftar kejahatan terhadap satwa liar menjadi 13 sejak 6 tahun terakhir ini.