Ahli Biologi Kelautan Rilis Video dari Kuda Laut Jantan Melahirkan

By , Kamis, 7 Juli 2016 | 14:00 WIB

Ahli biologi kelautan dari University of British Columbia beruntung untuk menyaksikan Kuda Laut  New Holland (Hippocampus whitei) melahirkan di perairan lepas Little Beach di Nelson Bay, New South Wales, di November 2015.

Kuda laut New Holland juga dikenal sebagai kuda laut Sydney atau kuda laut White adalah spesies endemik Australia ikan dalam keluarga Syngnathidae. Spesies ini tumbuh dengan panjang sekitar 8 inci (20 cm) dan hidup pada kedalaman sekitar 65 kaki (25 m) di bawah laut.

Reproduksi kuda laut sangat luar biasa. Tidak seperti kebanyakan hewan lainnya, betina menyimpan telur ke dalam kantong di perut jantan. Para jantan kemudian mengeram, membawa dan memelihara embrio yang berkembang dalam bentuk kehamilan.

Menurut peneliti kelautan dari Museum Australia, para kuda laut New Holland jantan menyuburkan telur mereka selama sekitar tiga minggu.

"Selama ini, ia menganginkan kantong, dan yang paling luar biasa dari semua, memelihara telur melalui jaringan kapiler kantong dengan cairan plasentanya."

"Pada akhir kehamilan, laki-laki melahirkan 100-250 kuda laut muda dari sekitar 0,4 inci (1 cm) panjangnya yang berenang menjauh untuk merawat diri mereka sendiri."

Rekaman langka dari kuda laut New Holland jantan melahirkan di alam liar telah ditangkap oleh ilmuwan University of British Columbia, Clayton Manning dan Meagan Abele.

"Saya baru saja selesai mendapatkan bayi dari pembukaan. Jadi kami duduk kembali dan menyaksikan ayahnya untuk sementara waktu."