Nicolas Cage Mengembalikan Fosil Dinasaurus yang Dicuri dari Mongolia

By , Senin, 28 Desember 2015 | 17:00 WIB

Ada sangat sedikit orang di dunia ini yang mengatakan bahwa mereka telah menyentuh tengkorak dinosaurus, apalagi yang memilikinya. Selama beberapa tahun, aktor Nicolas Cage adalah salah satu dari orang-orang dikenal cukup kaya untuk memiliki fosil dinosaurus yang biayanya setara dengan sebuah rumah.

Ceritanya seperti ini. Nicolas Cage hingga saat ini merupakan pemilik sebuah fosil tengkorak Tyrannosaurus bataar. Ia membayar $ 276.000 dalam lelang anonim delapan tahun lalu, namun dalam penyelidikan ditemukan bahwa tengkorak dan beberapa fosil lainnya telah dicuri di gurun Gobi, Mongolia. Cage langsung setuju untuk menyerahkan fosil tengkorak kepada pemerintah federal setelah mengetahui bahwa fosil-fosil itu hasil curian.

Mongolia sedang berjuang untuk mendapatkan kembali banyak fosil dinosaurus langka selama bertahun-tahun. Tahun lalu satu dealer fosil, Erik Prokopi dihukum tiga bulan penjara karena secara ilegal mengangkut dan menjual fosil dinosaurus dari Mongolia di Amerika Serikat. Penggalian artefak atau fosil untuk keuntungan merupakan keprihatinan besar bagi masyarakat arkeologi dan paleontologi. Tanpa mengetahui dari mana fosil berasal, di mana posisi fosil berada , atau di lapisan bumi mana item itu ditemukan, hingga konteks serta nilai ilmiah fosil tersebut.