Belanja Barang Membawa Kebahagiaan

By , Senin, 28 Desember 2015 | 11:00 WIB

Akhir tahun merupakan musim belanja dan liburan, semua orang mencari hadiah yang sempurna. Bagi mereka yang suka berbelanja, ada kabar baik, belanja barang ternyata dapat membawa kebahagiaan.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasi journal Psikologi Sosial dan Ilmu Kepribadian, peneliti menunjukkan bahwa pembelian barang, mulai dari sweater, skateboard, memberikan kebahagiaan lebih sering dari waktu ke waktu, sedangkan pembelian pengalaman seperti perjalanan ke kebun binatang,  memberikan kebahagiaan lebih intens pada individu.

Mayoritas penelitian sebelumnya meneliti pembelian material dan pengalaman dan kebahagiaan hanya berfokus pada apa yang akan diantisipasi terkait item belanja dan pengalaman. Tim yang berasal dari University of British Columbia, Aaron Weidman dan Elizabeth Dunn ingin mengetahui bagaimana yang orang-orang rasakan pada saat itu.

Untuk menjawab pertanyaan ini, mereka menilai kebahagiaan seseorang sesaat setelah pembelian barang dan pengalaman secara real-time, sampai lima kali per hari selama dua minggu. Pembelian barang terdiri dari barang-barang seperti legging, speaker portable, atau pembuat kopi, dan contoh pembelian pengalaman seperti perjalanan ski akhir pekan, tiket ke permainan hoki, atau kartu hadiah spa.

Mereka memiliki rekaman orang-orang sebelum pembelian, serta sebulan setelah pembelian. Para peneliti menunjukkan bahwa pembelian barang dan pengalaman membawa kebahagiaan dalam dua rasa yang berbeda. Pembelian barang membawa dosis berulang kebahagiaan dari waktu ke waktu, di minggu setelah mereka membeli, sedangkan pembelian pengalaman menawarkan dosis lebih intens namun kebahagiaan sekilas. Selain itu, ketika orang-orang melihat kembali pada pembelian mereka 6 minggu setelah Natal, mereka merasa lebih puas dengan pembelian pengalaman.

"Keputusan apakah untuk membeli barang atau pengalaman hidup itu mungkin mempersingkat ke satu keinginan yang bahagia," kata Mr Weidman, "Pertimbangan konsumen dalam memutuskan antara tiket konser atau sofa baru seperti ini, konser akan memberikan sensasi yang intens untuk satu malam yang spektakuler, tapi kemudian itu akan berakhir, dan tidak akan lagi memberikan kebahagiaan, selain hanya menjadi memori bahagia. Sebaliknya, sofa baru tidak akan memberikan saat mendebarkan seperti konser, tapi akan menjaga pemilik nyaman setiap hari sepanjang musim." papar tim peneliti.

Ketika Anda pergi liburan dan berbelanja pada musim ini, baik untuk diri sendiri atau orang lain. Coba pikirlah bentuk kebahagiaan yang Anda inginkan, sebelum melakukan pembelian.