Aku Mencintai Kotaku: Gaborone, Botswana

By , Minggu, 3 Januari 2016 | 11:00 WIB

Tshipidi Ramaribana, tinggal di Gaborone, Ibukota dari Botswana, sepanjang hidupnya. Ia sangat bersyukur karena dibesarkan di tempat yang indah, Ia juga menghitung betapa beruntung dirinya telah dibesarkan oleh orang tuanya yang sangat menghargai sebuah perjalanan. Tapi bagaimanapun banyak negara yang sudah Ia kunjungi, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada kotanya ketika Ia kembali kerumah. Inilah beberapa hal kesukaan Tshipidi tentang kotanya.

 

Ketika seseorang mengunjungiku, tempat pertama yang akan kami kunjungi ialah Botswana Craft untuj mencicipi makanan tradisional dan membaca karya-karya sastra kuno Botsawana yang dijual di toko-tokonya.

Bulan September adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi kotaku, karena saat itu merupakan awal dari musim semi dimana bunga-bunga bermekaran sehingga menghasilkan efek yang indah dengan warna-warna yang indah. Cuacanya juga lebih sejuk daripada sebelumnya.

Anda dapat melihat sisi seluruh kota dari puncak Kgale hill selama siang hari atau Absolute bar yang berada di lantai paling atas Lansmore Hotel Masa Square pada sore hari.

Di kota kami juga terdapat restoran cepat saji internasional seperti KFC dan cobalah lihat ke Pop Inn, sebuah supermarket lokal dengan fasilitas makan take away. Tip: Pop Inn memiliki sebuah cemilan terkenal yakni Magwinya(semacam kue) dan ikan goreng.

Botswana Craft adalah tempat untuk membeli souvenir tradisional asli. Toko-tokonya menjual hasil kerajinan tangan yang cantik.

Museum Kota terbaik  ialah Botswana National Museum. Karena museum ini mempunyai artefak-artefak yang akan memberikan Anda penglihatan budaya didalam  sejarah negara yang menarik.

Tempat terbaik untuk menghabiskan waktu diluar ruangan di kotaku ialah Jam for Brunch (sebuah komunitas) yakni sebuah kegiatan piknik besar-besaran yang dilakukan pada setiap minggu pertama di setiap bulan di Bojanala Waterfront. Para musisi mendapatkan kesempatan untuk menampilkan talent mereka dalam kegiatan family-friendly oleh Kwa Ga Ncinci ( sebuah gerai makanan khas Afrika)

Kotaku dikenal sebagai kota yang sangat panas dan damai, tapi banyak sekali kegiatan yang dapat kita coba, tanyakan saja kepada penduduk lokal!

Sanitas Tea Garden adalah tempat favoritku untuk pergi sarapan, dan Bimbo’s adalah tempat untuk makan malam yang sangat menyenangkan.  

Untuk menghindari keramaian, aku mendengar bahwa Mokolodi Nature Reserve dan pergi berkendara untuk melihat kumpulan dari binatang-binatang khas Afrika.

Seekor Jerapah sedang beristirahat di Mokolodi Nature Reserve (Strictlybagel,Flickr/nationalgeographic.com)

Masakan yang sangat khas dari kota saya adalah Mogudu le Phaleche (babat dan tepung jagung) dan gemere (sebuah bir jahe buatan sendiri) adalah minuman khas dari kota ku. Kalian bisa mencobanya di Sgotti Cocktail bar and Lounge.

Botswana Craft Terrace adalah tempat terbaik untuk melihat penampilan musik secara langsung, namun apabila kalian ingin berdansa, coba pergi ke Sky Lounge yang berada di iTowers, atau Cigar Lounge di Phakalane.

Ketika musim Semi, Kalian harus mengunjungi Gaborone International Food and Drink Show (di bulan Oktober) dan Gaborone international Music and Culture Week (Pada bulan September)

Ketika musim panas, Kalian harus coba untuk pergi mengendarai kuda di Gaborone Stables.

Ketika musim gugur, Kalian harus mengunjungi Maitisong Festival (bulan April) untuk melihat perayaan seni terbesar di kota ini.

Ketika musim dingin, Kalian juga harus mengunjungi dan menikmati Fete de la Musique (pada bulan Juni) sebuah festival musik besar yang diadakan oleh Alliance Francaise.

Dunia harus menyukai kota saya karena kota ini merupakan sebuah peleburan luar biasa dari sentuhan budaya Afrika , infrastruktur modern, dan peluang pariwisata safari.