Cumi-Cumi Raksasa Muncul ke Permukaan dari Bagian Terdalam Lautan Jepang

By , Kamis, 7 Juli 2016 | 18:00 WIB

Jepang, yang dikenal dengan monster fiksi telah dikunjungi pada malam Natal oleh raksasa laut di kehidupan nyata.  Pengunjung Toyama Bay, di Jepang bagian tengah, terperangah di dermaga, ia disambut oleh cumi-cumi raksasa merah-putih dengan panjang 12-kaki. Meskipun ukurannya sangat besar, cumi-cumi ini diyakini masih remaja. Spesimen lainnya yang telah mati diukur mencapi panjang 43 kaki.

Architeuthis dux, atau dikenal sebagai cumi-cumi raksasa menghabiskan hidupnya di kedalaman laut terbuka. Ia merupakan raksasa, predator ikan laut dalam lainnya, atau cumi. Mereka diburu oleh paus sperma pada pertempuran epik raksasa di kegelapan laut dalam.

Mereka telah ditemukan tewas tersapu ke pantai atau kusut di jaring nelayan selama berabad-abad, hanya tertangkap hidup pada film dua kali. Pada tahun 2004, peneliti Jepang menangkap gambar pertama dari cumi-cumi raksasa yang hidup, mereka telah berhasil memikat. Pada tahun 2012, menggunakan teknik yang sama, sebuah ekspedisi di lepas pantai Jepang mendokumentasikan cumi-cumi raksasa hidup untuk pertama kalinya, perselisihan dengan mereka mengumpan ribuan kaki di bawah permukaan laut.

Video dari pengunjung Toyama Bay adalah tampilan yang paling rinci dan dekat dari cumi-cumi raksasa hidup. Ini juga merupakan pertama kalinya manusia merekam langsung dalam air makhluk-makhluk ini. Dilansir dari CNN melalu Popoular Science bahwa hewan direkam dengan kamera submersible, dan bergabung di dalam air dengan Akinobu Kimura, seorang penyelam dan pemilik Toko Diving Kaiyu. Sebuah langkah yang berani atau juga bodoh, mengingat tidak ada cara untuk mengetahui bagaimana predator besar terbiasa berinteraksi dengan manusia akan bereaksi terhadap kehadirannya.

"Rasa ingin tahu saya lebih besar daripada rasa takut, jadi aku melompat ke dalam air dan mendapatkannya sedekat itu."kata Kimura.

Dia lebih jauh menjelaskan pengalamannya dengan mengatakan bahwa cumi-cumi tidak terganggu dan tampak hidup, ia memuncratkan tinta dan mencoba untuk melibatkan tentakelnya pada Kimura. “Saya mengarahkan cumi-cumi menuju ke laut, beberapa ratus meter dari daerah ia ditemukan dan kemudian ia menghilang ke dalam laut dalam,"pungkas Kimura.

Cumi-cumi raksasa remaja rupanya sedang berjalan-jalan di sekitar teluk selama beberapa jam, sebelum surut ia kembali ke dalam laut.