Gangguan Berjalan, Fokus Kesehatan Masyarakat Sebenarnya

By , Kamis, 7 Juli 2016 | 17:00 WIB

Anda mungkin pernah melakukannya sekali, dua kali memotret foto, atau mengirim teks cepat, sambil berjalan. Biasanya memang tidak ada yang terjadi, namun baru-baru ini suatu insiden berubah tragis. Joshua Burwell, lelaki berusia 33 tahun sedang mengambil foto dengan ponselnya sebelum meninggal pekan lalu di jurang Sunset, San Diego. Kematiannya menarik perhatian akibat dari gangguan berjalan. Hal ini terjadi semakin umum, berjalan sambil menatap perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet.

Ponsel telah menjadi lebih populer dalam beberapa tahun terakhir, kejadian cedera yang berhubungan dengan gangguan berjalan telah meningkat. Pada tahun 2010, lebih dari 1.500 orang dirawat di ruang gawat darurat karena gangguan berjalan, menurut sebuah laporan pada tahun 2013 oleh Ohio State University. Jumlah tersebut telah meningkat enam kali lipat antara tahun 2005 dan 2010. Beberapa kasus tragis, seperti Burwell ini, telah mengakibatkan kematian.

Alasan untuk cedera ini cukup jelas: Ketika Anda melihat dan fokus ke gadget, Anda tidak melihat sekitar ke mana Anda pergi. Pada pejalan kaki, gangguan ini dapat menyebabkan mereka untuk perjalanan tidak aman atau menabrak objek lain seperti tanda-tanda jalan, pintu atau dinding. Hal ini dipaparkan dalam laporan dari Dewan Nasional Keselamatan, yang memasukkan topik gangguan berjalan pada laporan tahunan ini untuk pertama kalinya.

Kota dan negara tahu ini adalah masalah, dan mereka berusaha meresmikan undang-undang untuk menjaga warga tetap aman. Beberapa negara telah menerapkan denda bagi pejalan kaki yang melakukan gangguan berjalan, seperti yang banyak dilakukan pada gangguan mengemudi.

Hanya saja hukum telah terbukti menantang untuk ditegakkan. MMeskipun banyak orang tahu bahwa gangguan berjalan adalah masalah, mereka mengalami kesulitan menghentikan kebiasaan tersebut. Alih-alih memerangi itu, beberapa perusahaan teknologi menemukan cara lain untuk mengurangi itu, yakni dengan menciptakan aplikasi yang memungkinkan pengguna SMS untuk melihat tanah di depan mereka saat mereka berjalan.

Bahkan dalam cahaya kematian Burwell ini, gangguan berjalan tidak akan pergi dalam waktu dekat. Ini merupakan salah satu dari beberapa masalah kesehatan masyarakat, termasuk "leher teks" dan gangguan siklus tidur, yang telah mencapai proporsi epidemi sebagai hasil dari teknologi populer baru.

Untungnya, gangguan berjalan relatif mudah untuk dikurangi, bahkan jika Anda tidak dapat menghentikan kebiasaan tersebut sepenuhnya. Cukup menengadah ke depan, beralih dari ponsel Anda !