Hiu Lentera Ninja Ditemukan Bersembunyi di Samudera Pasifik

By , Senin, 4 Januari 2016 | 16:00 WIB

Seekor hiu spesies baru, dinamai hiu lentera ninja, ditemukan bersembunyi di Samudera Pasifik. Hiu dengan nama latin Etmoterus benchley hidup di perairan sekitar 2.742-4734 kaki dari pantai Amerika Tengah.

Spesies yang baru ditemukan ini disebut telah berutang nama kepada sepupu-muda Vicky Vasquez, salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian spesies baru ini. Hasil penelitiannya diterbitkan di jurnal Journal of the Ocean Science Foundation.

“Nama umumnya, hiu lentera ninja (Ninja Lanternshark), mengacu pada warna hiu yang hitam ramping serta fakta bahwa ia memiliki lebih sedikit photophores (organ yang memancarkan cahaya) dibanding hiu lentera lainnya,” ujar Vasquez kepadaMashable melalui e-mail.

Berdasarkan hal itu, para ilmuwan merasa karakteristik yang unik akan membuat spesies ini tersembunyi seperti ninja. “Nama unik ini diusulkan oleh keponakan saya yang masih 8-14 tahun,” tambah Vasquez.

Berbeda dengan jenis hiu lentera lainnya, hiu lentera ninja menciptakan cahaya yang lebih sedikit—kemungkinan sebagai bentuk kamuflase. Itulah kenapa hiu ini disebut sebagai hiu ninja.

Sejak 2010, para peneliti baru menemukan sekitar delapan spesimen hiu ini. Untuk mendapatkan keterangan yang lebih lengkap serta menjawab kondisi biologis mereka, para ilmuwan mesti menemukan spesimen yang lebih banyak lagi.

“Jika sudah ditemukan lebih banyak, kami baru bisa menjelajahi perincian biologis hiu ini, seperti ‘berapa ukuran maksimumnya?’. Spesimen terbesar yang kami temukan sepanjang 515 mm, dan semenjak ia bertelur kami tahu ini adalah hiu dewasa,” kata Vasquez. “Sementara kami belum menemukan penjatan dewasa.”

Sementara untuk nama ilmiah spesies ini—Etmoterus benchley—juga memiliki cerita yang unik. Namabenchleyi diambil dari nama pengarang novel Jaws, Peter Benchley.

“Meskipun banyak orang tahu akan reaksi negatif terhadap film itu, tapi sebagian besar tidak menyadari bahwa Benchleyi membuat sesuatu yang positif dengan menciptakan Benchley Awards, yang mengapresiasi orang-orang yang berkontribusi terhadap konservasi laut,” ujar Vasquez.

Lebih lanjut, Vasquez menyebut hiu lentera ninja sebagai “hiu yang hilang” yang tertutup oleh kharisma hiu-hiu lain yang lebih populer seperti Great White.

Antara 2000-2009, menurut Vasquez, para ilmuwan telah menemukan sekitar 18 spesies baru Chondrichthyans (hiu dan kerabat-kerabatnya seperti ikan pari, sepatu, dan hiu hantu) setiap tahun.