Badak Hitam Tertua di Amerika Utara Berulang Tahun ke-45

By , Rabu, 6 Januari 2016 | 09:00 WIB

Kebun Binatang San Francisco merayakan ulang tahun ke-45  badak hitam tertua di Amerika Utara. Mereka menyiapkan kue oat digulung dan molase.

Tanggal pasti kelahiran Elly tidak diketahui, karena ia lahir di alam liar. Tapi dia telah tinggal di kebun binatang tersebut sejak April 1974.

Penjaga kebun binatang pada hari Jumat menyiapkan makanan manis dari oat dan molase bertuliskan "45" kata juru bicara kebun binatang, Nancy Hayden Crowley.

Jim Nappi, kurator kebun binatang, mengatakan bahwa Elly telah melahirkan 14 anak badak hitam, membantu melestarikan spesies terancam punah yang berjumlah 200.000 sebelum tahun 1960 seluruh bagian Afrika. Jumlah tersebut telah berkurang menjadi 3.000 sampai 5.000, karena perburuan liar untuk mendapatkan tanduk mereka.

Tanduk tersebut berharga di beberapa budaya untuk obat tradisional rakyat dan digunakan sebagai pegangan pisau dekoratif.

Badak hitam tertua kedua di Amerika Utara, jika masih hidup, berumur sekitar 38 tahun dan tinggal di Miami. Ada sekitar 60 badak hitam di kebun binatang Amerika Utara.

Di alam liar, badak hitam makan semak dan belukar. Di kebun binatang, mereka makan alfalfa, jerami, buah dan akasia.

Elly amat menyukai bit, jagung dan pisang. Beratnya sekitar 2.000 pon dan tidur di sebuah balai-balai dari jerami untuk mengistirahatkan tulang tua nya. Dia juga berbagi habitat dengan cucunya, Boone.

Badak hitam sangat rabun jauh tetapi memiliki pendengaran dan penciuman yang sangat baik. Rentang hidup mereka di alam liar adalah sekitar 16 sampai 20 tahun.