Kelinci Paling Berbulu di Dunia

By , Sabtu, 9 Januari 2016 | 14:00 WIB

Mungkin tak ada jenis kelinci lain yang bisa membanggakan bulu halus seperti halnya kelinci angora. Sebab, kelinci angora memiliki bulu panjang nan lembut yang saat ini begitu populer di kalangan peternak di seluruh dunia.

Kelinci jenis ini pertama kali dikembangbiakkan di Turki, dimana nama mereka dinamai seperti ibukota negara tersebut, Ankara, kemudian lebih dikenal dengan angora.

Pada abad ke-18, kelinci angora ada di Paris, kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh Eropa.

Berat kelinci angora berkisar antara 2-6 kilogram, tergantung perkembangbiakan dan perawatan. Jika dipelihara di rumah, mereka bisa hidup untuk waktu yang lama (5-7 tahun), asalkan dirawat dengan hati-hati.

Gizi kelinci harus terus dipantau. Mereka perlu diberikan vitamin dan bulu mereka harus disisir secara teratur. Sangat penting untuk menyisir mereka secara rutin. Jika tidak, mereka mungkin akan mati karena terlalu banyak menelan bulu-bulu yang mereka telan selama pembersihan diri. Bulu-bulu tersebut tidak dapat dicerna oleh alat pencernaan kelinci.

Menariknya, kelinci angora sangat menyenangkan. Mereka aktif dan ramah, sedikit mengingatkan pada peliharaan anjing dan kucing.

Mereka gemar bermain dengan benda-benda seperti bola karet atau guguran daun di halaman. Di samping itu, ia juga menganggap pemiliknya, sama seperti peliharaan lain di dalam rumah. Contohnya, kelinci angora juga senang tidur di samping kucing atau anjing kecil.