Akankah Polio berhasil Diberantas Pada 2016?

By , Rabu, 5 Oktober 2016 | 10:00 WIB

Seperti yang dikatakan oleh Yogi Berra atau Niels Bohr, atau Samuel Goldwyn, Sangat sulit untuk membuat sebuah perdiksi, terutama tentang masa depan.

Tentunya suatu hal yang berbahaya untuk mencoba memprediksi sifat  penyakit menular, iklim yang tidak pasti, atau perilaku pemerintah, yang dapat membawa masalah yang kita pikir sudah selesai, kembali muncul ke permukaan.

Memasuki tahun 2016, sangat adil apabila masyarakat menaruh harapan kepada para ahli kesehatan untuk menangani suatu penyakit yakni, polio. Ada beberapa kasus yang lebih sedikit pada tahun 2015 dibandingkan dengan sejarah sebelumnya: 70 kasus menular, 26 kasus yang terjadi akibat adanya mutasi dari virus yang melemah. Pada 2014 terdapat 341 kasus infeksi menular dan 51 kasus karena adanya mutasi virus.

Para otoritas kesehatan berharap tahun ini penularan polio dapat diakhiri. Tujuan utamanya ialah untuk memberantas. Jika pada tahun 2016 ini tidak ada kasus polio, proses pemberantasan ini kemungkinan sudah tecapai di akhir tahun 2018.

Kampanye pemberantasan folio ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1988. Tidak hanya kampanye pemberantasan folio, kampanye pemberantasan cacar sudah mulai digerakkan sebelumnya dan berhasil mencapai tujuan utamanya pada tahun ke-15 .

Cacar dinyatakan terbasmi pada 1980. Pemberantasan cacar adalah kampanye pertama yang berhasil dilakukan, dalam keberhasilannya, kampanye ini mendemonstrasikan apa saja yang akan dibutuhkan dalam kampanye, tidak hanya tetang vaksin yang dapat didapatkan oleh para warga, tetapi juga kemudahan untuk mengakses jaringan laboratorium, pengawasan granular, dukungan politik, jumlah relawan yang besar, dan dana yang tidak sedikit.

"Kita semakin dekat," kata Carol Pandak, Director of the Polio Plus Program di Rotary Internasional yang sudah mengirim jutaan relawan dan lebih dari satu miliar dollar untuk kampanye pembrantasan ini sejak 1988.

"Hanya tinggal dua negara lagi dari 3 tipe virus yang ada, dua type virus sudah berhasil dibasmi pada September 2015, dan sudah tidak ada dari ke 3 tipe virus ini mewabah secara global selama 3 tahun ini. Dan Pakistan dan Afganistan sudah mempunyai tujuan untuk memberhentikan wabah ini pada bulan Mei 2016 ini. "