Kuda Nil Langka Berwarna Pink dari Kenya

By , Senin, 11 Januari 2016 | 12:00 WIB

Anda mungkin sudah pernah melihat kuda nil di kebun binatang. Tapi kebanyakan warna mereka cenderung cokelat atau kelabu. Baru-baru ini ditemukan kuda nil langka berwarna pink di Kenya. Beda dengan yang lainnya.

Tahun 2016 baru saja dimulai dan kita semua sudah mendengar kabar gembira ditemukannya kuda nil unik berwarna merah muda (pink). Foto kuda nil unik ini diambil oleh seorang pasangan asal Perancis yang berkunjung ke Kenya’s Masai Mara National Reserce.

Walau terlihat unik dan lucu, hal ini justru membuat kuda nil memiliki kelemahan, karena kuda nil pada umumnya berwarna kelabu gelap, dan warna itu membuat mereka bisa berbaur dengan baik di lingkungan sekitar. Keadaan itu membuat mereka aman dari mangsa. Warna kulit gelap juga membuat kuda nil tidak mudah terbakar matahari.

Kuda nil unik berwarna pink ini sebenarnya mengalami kondisi khusus yang disebut leukistik. Hewan leukistik mengalami hilangnya sebagian pigmen. Berbeda dengan hewan albino yang tidak memiliki melatonin sehingga seluruh tubuhnya tidak memiliki warna (termasuk mata). Hewan yang mengalami leukistik hanya akan kehilangan pigmen warna pada kulit, sisik, atau bulu. Jadi itulah alasan mengapa kuda nil pink tersebut memiliki mata berwarna hitam, bukan kemerahan seperti lazimnya hewan albino.

Kondisi leukistik sendiri cukup sering ditemui pada hewan. Hanya saja kuda nil pink ini mungkin merupakan kuda nil leukistik pertama yang dikenal oleh banyak orang.