Lembu Laut Dikeluarkan dari Daftar Spesies Langka USA

By , Sabtu, 16 Januari 2016 | 16:00 WIB

Lembu laut atau biasa disebut Manatee merupakan spesies lama yang dianggap terancam punah. Saat ini, ia telah pulih dalam jumlah yang cukup untuk bergerak dari status ‘terancam punah’ menjadi ‘terancam’.

The US Fish and Wildlife Service mengusulkan untuk mereklasifikasi status perlindungan lembu laut dari Indian Barat, termasuk subspesies dari Florida yang statusnya terdaftar sebagai ‘terancam punah’ sejak tahun 1967.

Keputusan ini diumumkan di Miami Seaquarium, memperlihatkan bahwa sekitar 6.300 manatee hidup di lepas pantai Florida hari ini, jumlah yang cukup bertambah dibandingkan pada tahun 1990-an ketika survei udara dimulai, hanya mencapai1.200 lembu laut.

"Berdasarkan informasi ilmiah terbaik yang tersedia, kami percaya manatee tidak lagi dalam bahaya kepunahan," kata Michael Oetker, wakil direktur regional untuk kantor wilayah tenggara Badan Satwa Liar AS pada konferensi pers.

Baling-baling perahu motor dan kapal cepat adalah penyebab utama kematian dan cedera manatee Florida. Manatee India Barat, terkait dengan spesies Afrika dan Amazon dan duyung dari Australia, yang dapat tumbuh sampai 10 kaki dan lebih dari 1.000 pon (450 kg). Mereka bukan predator alami, tetapi rentan terhadap kontak yang terlalu lama pada suhu air di bawah 68 derajat fahrenheit (20 derajat celcius.