Hiu Putih Besar Mati Setelah 3 Hari Berada di Akuarium Jepang

By , Minggu, 10 Juli 2016 | 13:00 WIB

Hiu yang memiliki panjang sekitar 3,5 meter (11'5 ''), terjebak dalam jaring nelayan dan dibawa ke akuarium di pulau Jepang selatan, Okinawa pada hari Selasa. Hiu dipamerkan pada bagian Hiu Berbahaya di Akuarium Okinawa Churaumi, namun mati pada hari Jumat.

Akuarium ini populer berkat tangki raksasa, di mana ia menunjukkan hiu dan paus. Pihak berwenang sedang menyelidiki apa yang menyebabkan kematian ikan dari spesies yang sama seperti dalam film di Hollywood buster "Jaws".

"Sangat sulit untuk menjaga hiu putih besar," kata Keiichi Sato, seorang ahli ikan tulang rawan, dari yayasan Okinawa Churashima.

"Sangat jarang jenis hiu ini terlihat di perairan pesisir Okinawa di tempat pertama, dan bahkan jika mereka tertangkap dalam jaring nelayan, mereka biasanya langsung mati karena mereka harus terus bergerak dengan kecepatan tinggi," kata Sato.

"Kami hampir tidak memiliki pengetahuan tentang hiu putih besar itu, sehingga meskipun ia telah mati kami ingin berbagi, apa yang kami pelajari dari pengalaman ini dengan peneliti dunia," tambahnya.