Reruntuhan Kapal Penangkap Paus Ditemukan di Pantai Alaska

By , Jumat, 15 Januari 2016 | 13:00 WIB

Sisa-sisa dua kapal penangkap paus telah ditemukan di lepas pantai Alaska, 144 tahun setelah mereka hancur oleh es, memaksa semua anggota awak untuk meninggalkan kapal. Meskipun semua awak selamat, peristiwa itu merupakan salah satu bencana terbesar dalam sejarah penangkapan paus AS, dan mengakibatkan hilangnya seluruh armada sejumlah 33 kapal.

Kembali pada abad ke-18 dan ke-19, minyak paus digunakan di seluruh dunia untuk pemanasan, lilin, sabun, dan beberapa tujuan lainnya. Penangkapan paus adalah bisnis yang cukup besar, dan menarik armada dari seluruh dunia untuk ke Arktik setiap musim panas, ketika es mengalah dan beberapa spesies paus bermigrasi ke utara.

Hanya saja, kondisi dunia tidak dapat diprediksi, armada khusus ini menemukan kondisi bahaya pada bulan September 1871, ketika kapal mereka terperangkap dalam es, sebelum mereka memiliki kesempatan untuk manuver lebih jauh. Sejak bencana, berbagai artefak dari kapal tenggelam telah ditemukan mengambang di laut atau terdampar di pantai. Para peneliti sekarang telah menemukan dua kapal untuk pertama kalinya.

Menggunakan sonar dan peralatan selam lainnya, tim arkeolog dari Oceanic and Atmospheric Association Nasional (NOAA) melakukan survei perairan sepanjang 48 kilometer (30 mil) dari pantai dekat Alaska. Sampai saat ini, upaya untuk mengungkap tenggelamnya armada digagalkan oleh lapisan tebal es yang menutupi sebagian besar Arktik untuk periode besar tahun ini, namun penurunan jumlah es stabil selama musim panas selama empat dekade terakhir telah membuka peluang baru untuk melakukan pencarian. Sehingga, tim akhirnya bisa menemukan kapal pada September lalu, ketika es laut Arktik mencapai minimum tahunannya.