Tragedi Seruput Es Kopi Vietnam

By , Senin, 11 Januari 2016 | 08:00 WIB

Akhir pekan kedua di tahun 2016 berita kematian seorang wanita bernama Wayan Mirna Salihin (27 tahun) setelah menyeruput es kopi Vietnam merebak. Mirna bertemu dengan dua temannya di salah satu cafe, di Grand Indonesia. Mereka memesan minuman yang berbeda, di mana Mirna memesan Es Kopi Vietnam.

Tak lama setelah menyeruput kopinya, Mirna mengalami kejang-kejang. Teman-teman dan pelayan cafe segera membawa Mirna ke Klinik D di Grand Indonesia, hingga suami Mirna datang dan membawanya ke Rumah Sakit Abdi Waluyo di Menteng. Hanya saja, sesampainya di sana, Mirna sudah meninggal dunia.

Berdasarkan hasil otopsi sementara oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokkes) Polda Metro Jaya yang memeriksa sampel dari lambung, hati, dan empedu Mirna, Minggu dini hari. Hasil pemeriksaan menunjukkan adanya zat yang bersifat korosif menempel di bagian organ tubuh korban. Hasil pemeriksaan sementara terhadap enam sampel es kopi Vietnam yang diamankan seusai kejadian, Rabu (6/1/2016), menunjukkan bahwa kopi yang diminum Mirna mengandung zat sianida.

(Baca pula : 6 Hal Seputar Kafein yang Perlu Diketahui)

Zat itu dinilai berbahaya untuk dikonsumsi. Bahkan, pemilik kafe sempat meneteskan kopi Mirna ke tangannya, dan langsung merasa kebas. Hal ini berbeda dengan es kopi Vietnam yang juga dipesan oleh pelanggan lain ketika Mirna datang.

Adapun hasil pemeriksaan dari Puslabfor Polri masih berlangsung, dan direncanakan selesai pada Senin (11/1/2016). Setelah keluar, hasil pemeriksaan Puslabfor Polri akan dibandingkan dengan hasil pemeriksaan dari Bidokkes Polda Metro Jaya untuk melengkapi informasi tentang hal yang sebenarnya terjadi pada Mirna, dari sisi medis.

Es Kopi Vietnam

Es kopi Vietnam sendiri merupakan menu yang sudah tidak asing di kalangan pecinta kopi. Es Kopi Vietnam atau yang dikenal sebagai Cà phê s?a ?á (Ca phe sua da) adalah minuman kopi dingin yang dibuat dengan cara menyeduh kopi, lalu dicampurkan es batu dan susu kental manis. Proses tersebut menggunakan lebih banyak biji kopi yang telah digiling hingga memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan sebagian besar proses penyeduhan kopi.

Apabila kopi Vietnam diminum hangat tanpa menggunakan es batu maka dinamakan sebagai Cà phê s?a nong (Ca phe sua nong).