NASA Rilis Gambar 'Si Besar Saturnus' yang Menakjubkan

By , Kamis, 14 Januari 2016 | 11:00 WIB

Saturnus, planet keenam di tata surya ini memiliki sekitar 10 kali diameter Bumi. Dengan diameter sekitar 16.500 kilometer, dengan mudah, 'Si Besar' ini membuat rombongan bulannya tampak kerdil. Salah satu satelitnya, Tethys 1.062 km di seberangnya, terlihat di sisi kanan bawah.

Pemandangan ini terlihat mengarah pada sisi cincin yang diterangi matahari, sekitar 8 derajat di atas bidang cincin. Foto Saturnus diambil dengan kamera wide di wahana antariksa Cassini pada 7 Maret 2015 menggunakan filter spektral. Filter istimewa ini dapat menangkap panjang gelombang inframerah hingga mendekati pusatnya.

Gambar Tethys telah dicerahkan oleh 2 faktor untuk meningkatkan visibilitas.

Foto tersebut di ambil pada jarak 2,6 juta kilometer dari Saturnus, dengan skala 16 km per pixel. Tethys sediki lebih dekat, yakni pada 2,4 juta km jauhnya, dengan skala 14 km per pixel.

Misi Cassini merupakan proyek kerjasama antara NASA, ESA dan Badan Antariksa Italia. Laboratorium Jet Propulsion (JPL), sebuah divisi dari Institut Teknologi California di Pasadena, mengelola misi untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington. Cassini dan dua kamera yang ada padanya dirancang, dikembangkan dan dirakit di JPL. Pusat operasi pencitraan berbasis di Space Science Institute di Boulder, Colorado.