Setidaknya Ada 500 Jenis Serangga yang Dapat Kita Temui di Rumah Kita

By , Sabtu, 30 Januari 2016 | 12:00 WIB

Laba-laba, lalat, kumbang dan kutu buku adalah makhluk-makhluk mengejutkan yang terdeteksi di dalam survei terbaru ke rumah-rumah penduduk di Amerika Serikat.

Laba-laba, lalat, kumbang, semut dan kutu buku merupakan beberapa jenis makhluk yang terdeteksi dalam sebuah studi baru untuk mengevaluasi keragaman anthropoda di beberapa rumah penduduk Amerika Serikat. Anthropoda merupakan kelompok besar yang mencakup berbagai jenis serangga, laba-laba dan kerabat lainnya yang sudah hidup sejak ribuan tahun lalu.

"Belum ada seorang pun yang sudah melakukan pendataan komprehensif seperti ini sebelumnya, dan kami menemukan jauh lebih banyak keragaman anthropoda daripada yang sebagian besar orang harapakan" kata pemimpin penelitian Matt Bertone, seorang entomologis di North Carolina State University.

"Ada sebuah kisah tua yang mengatakan bahwa kita tidak pernah berada lebih dari sepuluh kaki (tiga meter) dari laba-laba. Jika kita sedang berada di dalam rumah, kemungkinan hal tersebut benar." Kata Bertone bersama timnya yang sudah menemukan keberadaan laba-laba ini di semua rumah yang disurvei.

Dalam penelitian ini, Bertone bersama timnya mengunjungi 50 rumah yang berada di sekitar Raleigh, Calorina Utara. Betone dan rekan-rekannya telah mengumpulkan lebih dari 10.000 spesimen yang mewakili lebih dari 300 keluarga anthropoda, dengan jumlah spesies sebanyak 579 . Setiap rumah memiliki setidaknya 32 dan 211 spesies anthropoda , menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Peer J pada tanggal 19 Januari lalu.

Selain banyaknya spesies, para peneliti juga terkejut dengan betapa banyaknya serangga yang ditemukan di setiap rumah. Lebih dari 500 sampel kamar yang disurvei, hanya ada lima kamar yang benar-benar bersih dari serangga.

Mungki ada bahkan lebih banyak serangga yang berada di rumah kita, karena para peneliti hanya mengumpulkan athropoda yang berada di permukaan yang terlihat, seperti di balik tembok, di bawah perabotan rumah yang berat, bahkan di laci dan lemari, kata Bertone. Namun Ia menegaskan bahwa tidak perlu khawatir dengan keberadaan serangga-serangga ini di sebagian besar rumah kita karena tidak berbahaya. Hama-hama rumah tangga bias seperti kecoa, rayap dan kutu hanya hadir di beberapa rumah menurut sebuah survei. Dan masyarakat dengan laba-laba yang ditemukan di rumahnya sangat jinak belum lagi mereka juga memakan hama-hama dirumah.

"Pesan saya untuk kepada para pemilik rumah ialah bahwa serangga ini hidup diantar kita, namun mereka tidak berbahaya dan kita tidak akan melihatnya kecuali kita benar-benar ingin mencari mereka," kata Bertone.

Jason Cyan, seorang etimologis dari North Carolina Museum of Natural Sciences, mengatakan bahwa ia, "tidak merasa terganggu dengan fakta mereka menemukan banyak sekali keragaman serangga di rumah kita."