5 Perabot yang Sering Terlupa untuk Dibersihkan

By , Jumat, 29 Januari 2016 | 18:00 WIB

Kadang kita merasa kita sudah puas ketika kita sudah membereskan segala sudut ruangan di rumah kita, misalnya menyapu di ruang tamu, kamar, membersihkan kamar mandi, merapihkan kamar tidur, menyiram tanaman, dan lainnya. Namun sering sekali kita melewatkan membersihkan hal-hal kecil yang bersembunyi di beberapa bagian yang ternyata bisa menjadi sarang kuman. Berikut beberapa daftar yang seharusnya tidak kita lewati untuk dibersihkan:

1. Rak

Kita sangat mudah untuk mengabaikan kebersihan dari rak-rak yang berada dirumah kita, ditambah lagi ketika rak-rak tersebut berada jauh dari kita. Namun, tanpa disadari rak dapat dipenuhi oleh debu dengan tungau yang bersembunyi di permukaan dan di dalam rak. Untuk menjaganya tetap bersih, coba bersihkan permukaan rak dengan kain lembab dan pastikan debu tersebut sudah benar-benar menghilang.

2. Frame foto

Baik bingkai yang digantung atau berdiri, bingkai foto ini adalah salah satu kolektor debu di rumah kita. Setiap 1-2 minggu gunakanlah kemoceng untuk membersihkan kotoran yang berada di permukaan bingkai. Berhati-hatilah dengan bingkai emas atau yang memiliki tekstur. Jangan gunakan kain lain selain kain lap yang lembut dapat merusak permukaan dari bingkai itu sendiri. Untuk frame logam, jangan membersihkan dengan sabun yang keras karena dapat menggelapkan permukaan bingkai.

3. Kipas Angin

Tidak ada seorang oun yang ingin ada sebuah kotoran terbang di sekitar ruangan ketika kita menyalakan kipas angin di langit-langit ruangan, sehingga hal ini menjadi penting untuk kita membersihkannya secara teratur.

4. Remot TV

Seperti ponsel kita, terdapat pula kuman di remot TV kita. Bersihkan remot TV kita secara rutin menggunakan kain disinfektan untuk membersihkan kuman yang berada permukaan terluar dari remot. Kemudian untuk membersihkan area tombol, gunakan lap yang sudah dicelupkan dengan alkohol.

5. Kasur

Sebagian besar dari kita sudah mengetahui untuk secara rutin mencuci sprei tempat tidur kita, tapi jarang sekali dari kita yang memikirkan bagaimana keadaan kasur kita. Untuk menghindari tungau dari kain sprei, cobalah dengan rutin membalik kasur kita selama 6 bulan sekali. Sebelum membalikkannya, taburi campuran backing soda dan minyak esensial untuk menyingkirkan baunya. Biarkan campuran tersebut menyatu dalam beberapa menit dan setelah itu sedot permukaan kasur menggunakan vacuum cleaner untuk mengambil residunya.