Anggrek Cantik dari Meksiko, <i>Encyclia inopinata</i>

By , Minggu, 10 Juli 2016 | 09:00 WIB

Anggrek spesies baru ditemukan tergolong Encyclia, genus anggrek Neotropical yang tumbuh mulai dari Florida, Amerika Serikat bagian selatan selatan hingga provinsi Salta di Argentina utara.

Dr Leopardi-Verde dan rekan penulis memaparkan spesies tersebut memiliki nama lengkap Encyclia inopinata.

"Dari bahasa Latin inopinatusyang berarti, tak terduga, mengacu pada kejutan yang kami rasakan ketika pertama kali melihat spesies baru mekar, dan menyadari bahwa ia adalah spesies belum terdeteksi di diota kompleks Encyclia," tulis mereka dalam sebuah makalah di jurnal PhytoKeys.

Menurut tim peneliti, Encyclia inopinata memiliki ukuran tinggi antara 11,8 dan 16,5 inci (30-42 cm) tinggi, hingga 31,5-35,4 inci (80-90 cm) termasuk perbungaannya. Setiap cabang bertumbuh 3-8 bunga.

Salah satu karakter yang paling khas dari anggrek baru adalah labellum berwarna kuning dengan motif garis coklat kemerah- merahan.

Biasanya untuk spesies jenis ini, daun anggrek lebar seperti kulit, dan bunga-bunga relatif besar, mencolok, dan kasar pada kelopak dan sepal. Warna bunga bervariasi dari perunggu hijau dengan ungu gelap garis dekat pangkalan, merah muda pucat, dan percikan putih krem ?dengan bintik-bintik coklat kemerahan dan garis ke arah atas.

Inopinata Encyclia dapat ditemukan di hutan gugur sepanjang lereng Pasifik negara Oaxaca, sekitar 1.200 m, dekat perbatasan negara Guerrero. Ia mekar antara bulan Maret dan Juli.

Encyclia inopinata telah dilaporkan hanya terdapat di Oaxaca, negara dekat lereng pasifik dari utara Puerto Escondido, ke arah utara dari San Juan Cacauatepec  (dekat perbatasan dengan negara Guerrero). Is biasanya tumbuh sebagai lithophyte. Menurut para ilmuwan, spesies ini tampaknya akan menjadi langka.