Plaza de Mulas, Base Camp Beraneka Fasilitas

By , Minggu, 24 Januari 2016 | 14:00 WIB

Pada 21 Januari lalu, tim wanita pendaki asal Indonesia tiba di Plaza de Mulas. Ini adalah base camp terluas kedua di dunia, menurut laman-laman yang memuat hal terkait pendakian ke puncak Aconcagua yang terletak di Argentina, Amerika Selatan.

Plaza de Mulas terletak pada ketinggian 4.250 di atas permukaan laut. Pada Januari 2011 saja, terpantau sebanyak 200 tenda didirikan di tempat ini. Plaza de Mulas mendapatkan namanya dari satwa mulas, yang digunakan sebagai pembawa beban yang dibutuhkan untuk memfasilitasi pendakian. Setiap satwa ini bisa membawa beban seberat 60 kilogram, hingga ke tempat ini.

Bagi kebanyakan pendaki, Plaza de Mulas merupakan kemah kedua setelah sebuah tempat bernama Confluencia. Namun, di tempat inilah para pendaki biasanya menghabiskan waktu mereka untuk beraklimatisasi atau menunggu membaiknya cuaca.

Hotel di Plaza de Mulas, di base camp dalam perjalanan menuju Aconcagua, difoto pada Juli 2015. (Ccarosio/Wikimedia Commons)
Satu kilometer menyeberangi lembah dari arah perkemahan, terdapat sebuah hotel besar. Walaupun tak dilengkapi dengan pemanas, di dalam hotel ini tersedia restoran, telepon, internet, kantor pos, tempat mandi, penyewaan peralatan pendakian, juga tabung gas.

Namun, ini bukanlah satu-satunya tempat untuk mencari kebutuhan sehari-hari. Di perkemahan, terdapat pula tenda-tenda besar bertenaga surya yang menyediakan fasilitas air panas untuk mandi.Selain itu terdapat pula galeri tertinggi di dunia, sebuah galeri seni yang dimiliki oleh Miguel Doura yang buka pada musim pendakian, yaitu Desember hingga Maret setiap tahunnya.