Kekeringan Melanda Danau Poopo di Bolivia

By , Senin, 25 Januari 2016 | 14:00 WIB

Dahulu, danau ini penuh dengan ikan dan satwa liar, danau Poopo merupakan danau terbesar kedua di Bolivia, namun sekarang Poopo telah mengering menjadi sebuah dataran berdebu. Hanya dalam hitungan tahun, air yang digunakan untuk mendukung ratusan keluarga di tepi danau telah berkurang menjadi sekitar dua persen dari ukuran aslinya.

Sementara pejabat Bolivia menyatakan itu merupakan akibat perubahan iklim dan dampak berkelanjutan dari El Nino, yang lain menyalahkan pemerintah karena tidak memanajemen sumber air yang vital.

Terletak di altiplano Bolivia, pada ketinggian 3.700 meter (12.139 kaki), pada 1990-an Poopo menutupi area seluas 2.000 kilometer persegi (772 mil persegi), mengukuhkan Poopo sebagai danau terbesar kedua setelah Danau Titicaca. Namun karena kekeringan berulang dan pengalihan sungai untuk pertambangan, tingkat danau air asin ini terus menurun, sampai tahun lalu ketika El Niño, yang dinggap terburuk dalam satu abad. Jutaan ikan, serta ratusan burung yang biasa hidup di lahan basah diperkirakan telah mati

Ini bukan pertama kalinya danau telah mengering, sebelumnya pernah terjadi pada tahun 1997. Sedikit banyak memberikan beberapa orang harapan bahwa danau bisa kembali seperti semula. Tetapi yang lain memperingatkan bahwa dengan mencairnya gletser tinggi di Andes, dan perubahan iklim, skenario ini sekarang tidak mungkin.

Ketika terjadi hujan kembali, diharapkan untuk mengisi sedikit danau, tetapi mereka tidak berpikir bahwa itu akan berlangsung. Hal ini menyebabkan pemerintah untuk melakukan sesuatu dalam mencoba dan membantu meringankan situasi.

Sejauh itu diperkirakan bahwa dua pertiga dari keluarga, total sekitar 500 jiwa, telah meninggalkan pemukiman yang ada di tepi danau. Pemukiman terdiri dari nelayan dan petani yang beternak domba dan alpaca. Saat ini hanya sedikit dari mereka yang tersisa hidup di sana, memaksa pemerintah untuk menyediakan setidaknya bantuan kemanusiaan bagi 3.000 orang untuk mereka tetap bertahan hidup.

Danau digunakan untuk mendapatkan sebagian besar air dari Sungai Desaguardero, yang mengalir dari Danau Titicaca yang lebih besar. Mengingat Titicaca masih memiliki banyak air, tampaknya aneh jika Poopo sekarang begitu gersang. Timbunan lumpur merah yang menghalangi aliran sungai untuk masuk ke danau memberikan petunjuk yang mungkin juga terjadi. Sebagian besar orang berpikir bahwa lumpur itu datang dari banyak limbah hasil pertambangan.

Meskipun demikian, pemerintah masih mempertahankan bahwa kesalahan terletak pada perubahan iklim, dan telah meminta Uni Eropa menyediakan negara sejumlah dana $ 140.000.000 (£ 97.500.000) untuk mengeruk sungai seperti Desaguadero, serta untuk membangun pengolahan air tanaman di sisa DAS danau. Semua skema ini, bagaimanapun, mungkin terlalu sedikit, terlalu terlambat.