Alasan Mengapa si Kecil Tidak Tidur Nyenyak dan Cara Mengatasinya

By , Rabu, 27 Januari 2016 | 15:00 WIB

Jauh sebelum hari-hari dimana adanya perekembangan smartphone dan internet, begitu banyak faktor yang mempengaruhi otak anak-anak kita dan bersaing untuk mendapatkan perhatian dari mereka. Hal tersebut akan berdampak buruk pada kebiasaan tidur anak-anak . Berikut ada beberapa saran untuk membantu bagaimana anak-anak mendapatkan waktu tidur yang wajar sehingga mereka mendapatkan tidur yang mereka butuhkan.

1. Kurangi paparan cahaya terang di kamar buah hati selama dua jam sebelum tidur. Paparan cahaya terang yang dikurangi dapat membantu otak mempersiapkan untuk tidur. Cahaya mengirim sinyal kuat ke otak bahwa keadaan masih siang hari dan terlalu dini untuk berpikir untuk pergi tidur.

2. Menghilangkan kegiatan yang merangsang si anak untuk aktif, seperti bermain video games, menonton televisi, berolahraga , dan lainnya. Karena Selama beberapa jam setelah mereka bangun, hal tersebut akan membantu buah hati kita cepat lelah dan kembali ke mode tidur lebih cepat.

3. Pastikan bahwa tidak ada paparan cahaya dari layar seperti layar smartphone, komputer dan televisi di dalam kamar tidur. Hal ini juga dapat membantu menyalurkan perhatian anak (untuk tidak pergi tidur) kita terhadap sesuatu yang lebih menyenangkan.

4. Pastikan anak- anak melakukan pekerjan rumah (PR) di luar kamar tidur mereka, misalnya di meja ruang makan. Menjauhkan fisik anak kita dengan hal-hal yang dapat memicu stress dan tidur anak memungkinkan mereka untuk melepaskan dirinya lebih mudah ke dalam tekanan yang sudah didapatkannya pada saat siang hari.

5. Meskipun ada beberapa panduan yang menyarankan waktu tidur untuk disesuaikan dengan usianya, penting bagi para orang tua mengingat bahwa jumlah aktual waktu tidur yang dibutuhkan oleh anak dapat bervariasi. Sebagian besar dari orang tua menginginkan memberikan anak usia 7 tahunnya tidur selama 10 jam, namun mungkin saja mereka tidak membutuhkan waktu yang terlalu banyak. Membiarkan anak-anak melakukan sesuatu yang menenangkan dan santai yang tidak menggusarkan mereka sebelum tidur benar-benar dapat membuat mereka lebih mudah untuk tertidur lebih cepat.