Merangkai Bakau di Pesisir Utara Jawa

By , Senin, 1 Februari 2016 | 13:30 WIB

Penyelamatan lingkungan kawasan pesisir belakangan ini mulai menggugah masyarakat karena masalah lingkungan yang dihadapi, tak hanya masyarakat yang mendiami daerah tersebut tetapi juga secara luas termasuk perusahaan-perusahaan melalui aliran CSR.

Mengawali tahun 2016, Toyota Indonesia melalui program CSR bertajuk Hutan Toyota atau Toyota Forest melakukan penanaman 110.000 pohon bakau di kawasan Pantai Maron, Semarang.

Prosesi penanaman yang diselenggarakan pada Sabtu (30/1) secara simbolis dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementarian Lingkungan Hidup & Kehutanan, DR. Hilman Nugroho serta didampingi oleh Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono dan serta Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN, I Made Dana Tangkas.

"Kami yakin, gerakan kecil yang dilakukan secara konsisten dan terus menerus akan mampu menginspirasi dan menggulirkan gerakan yang lebih masif sehingga dapat memberikan dampak yang berarti terutama bagi pelestarian lingkungan di Indonesia", ungkap Warih Andang Tjahjono.

Pabrikan otomotif kenamaan, Toyota melalui program CSR merupakan salah satu perusahaan yang konsisten mengalirkan dana CSR nya kepada kegiatan lingkungan. Toyota melakukan penanaman bakau secara konsisten sejak 2012 menguntai rangkaian di pantai utara Jawa mulai dari Kepulauan Seribu, Muara gembong (Bekasi), Karawang.

Tahun ini Toyota Indonesia mulai merambah jaringan bakaunya ke kawasan Jawa Tengah dimulai dari Semarang kemudian rencananya akan berlanjut ke Demak, Rembang. Kawasan Jawa Timur, Surabaya hingga Banyuwangi menjadi menyesuaikan dengan kondisi kebutuhan di kawasan-kawasan tersebut.

"Kami berkonsultasi dulu dengan pemerintah daerah, badan lingkungan hidup dan banyak pihak untuk menentukan setiap penanaman," Papar I Made Dana Tangkas mengenai pemilihan lokasi dan jenis tanaman.

Sepanjang upaya penanaman bakau yang dilakukan oleh Toyota Indonesia, hingga tahun 2015 telah ditanam lebih dari 700.000 pohon bakau dan diharapkan akan mencapai 1 juta pohon di akhir tahun 2016. Penanaman ini dilakukan berdasarkan program "1 Car 1 Tree" yang merefleksikan 1 pohon untuk 1 mobil yang diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).