Labirin Martian

By , Rabu, 3 Februari 2016 | 09:00 WIB

Ini blok daerah Martian, terukir dengan pola rumit dari tanah longsor dan bukit pasir yang tertiup angin. Kawasan ini merupakan bagian kecil dari lembah labirin yang luas, derah patahan dan dataran tinggi.

Wilayah yang dikenal sebagai Noctis Labyrinthus—Labirin Malam ini, terletak di tepian barat Valles Marineris, grand canyon-nya tata surya. Noctic Labyrinthus berhasil dicitrakan oleh ESA Mars Express pada 15 Juli 2015.

Ini adalah bagian dari fitur kompleks yang asalnya terletak di pembengkakan kerak karena aktivitas tektonik dan vulkanik di wilayah Tharsis, rumah bagi Olympus Mons dan gunung berapi besar lainnya.

Kerak yang membengkak di wilayah Tharsis, membuat wilayah itu meregang dan terpisah, membuat retakan dengan kedalaman beberapa kilometer, menyisakan blok-blok dengan parit-parit dalam.

Noctis Labyrinthus (ESA/DLR/FU Berlin, CC BY-SA 3.0 IGO)

Seluruh jaringan blok dan patahan mencakup hingga 1.200 km, panjangnya setara dengan Sungai Rhine dari Alpen ke Laut Utara.

Bagian yang disajikan dalam foto ini menangkap sekitar 120 km lebar bagian dari jaringan tersebut, dengan sebuah blok besar berpermukaan datar di tengah.

Longsor terlihat dengan detail luar biasa di sisi-sisi kawasan ini dan sepanjang dinding lembah (gambar atas), dengan puing-puing terkikis berbaring di dasar dinding curam.

Di beberapa tempat, angin telah menarik debu ke dalam bidang gundukan yang memperpanjang sampai ke dataran tinggi sekitarnya.

Di permukaan dataran tinggi, jalur patahan melintasi satu sama lain dalam arah yang berbeda, menunjukkan banyak episode peregangan tektonik dalam sejarah kompleks wilayah ini.