Tsunoshima Ohashi, Jembatan Paling Cantik di Jepang

By , Senin, 25 April 2016 | 20:00 WIB

Salah satu tempat yang kerap dielu-elukan adalah Jembatan Tsunoshima atau Tsunoshima Ohashi. Oleh beberapa pihak, ikon ini kerap dianggap sebagai jembatan paling cantik di Jepang. Jembatan ini juga sering digunakan untuk syuting iklan televisi seperti Mitsubishi Motors dengan Galant Fortis, Toyota dengan Lexus-nya, Suzuki Swift, dan sebagainya.

Tsunoshima Ohashi, dengan panjang 1.780 meter, terbentang menghubungkan daerah laut bernama Amagaseto, antara Tsunoshima Houhoku Kanda dengan Kota Houhoku Shimonoseki, yang berada di Perfektur Yamaguchi bagian selatan Jepang.

Pembanguna jembatan ini bermula pada 1 April 1991, ketika para pengusaha kedua kota bertransaksi dan memikirkan untuk memudahkan komunikasi dengan jembatan karena sebelumnya dilakukan dengan kapal ferry. Keseriusan ditindaklanjuti dengan melakukan survei kelayakan pembangunan jembatan tanggal 6 Juli 1991.

Kemudian proyek yang semula masih bersifat lokal itu akhirnya 1 April 1992 diambil alih sebagai proyek Perfektur Yamaguchi dan 2 Juli 1991 diumumkan akan dibuatkan jembatan penghubung.

6 September 1993 dimulai lah peletakan batu pertama dimulainya pekerjaan pembangunan jembatan dan akhirnya setelah tujuh tahun berhasil diselesaikan. Tahun 2003 berhasil mendapatkan penghargaan Civil Engineers Design Award dari Excellence Award Society of Civil Engineers.

Jembatan ini menarik banyak perhatian para wisatawan bukan hanya dari kalangan bisnis saja.

Tak hanya jembatan, para pengunjung juga tertarik dengan pemandangan yang berada di sekitarnya. Ia beruta laut yang terbentang luas dan sangat indah seolah transparan bisa kelihatan ikannya berenang itu, merupakan jembatan gratis, tidak dipungut bayaran seperti jalan tol.