5 Makhluk Teraneh dalam Mitologi Yunani

By , Kamis, 11 Februari 2016 | 07:00 WIB

Mitos Yunani menyebutkan banyak makhluk, tapi mereka sangat berbeda dari yang kita kenal. Bahkan, makhluk dalam mitologi Yunani seringkali berbeda dari apa yang pernah kita bayangkan. Mereka luar biasa dan bahkan sedikit menakutkan. Inilah 5 makhluk aneh dalam mitologi Yunani:

Centaurus merupakan makhluk setengah manusia dan setengah kuda. Dari kepala hingga dada berbentuk tubuh manusia, akan tetapi dari pinggang ke bawah, mereka memiliki tubuh kuda.

Cerberus adalah anjing ganas berkepala tiga yang dapat menyemburkan api. Cerberus bertugas menjaga pintu dunia arwah, sehingga tidak ada yang bisa melarikan diri.

Hydra, raksasa rawa dengan sembilan kepala. Dewa Herakles (dalam mitologi Romawi dikenal sebagai Herkules) pernah bertarung melawan makhluk ini dan menang, tapi itu tidak mudah. Setiap kali ia berhasil memotong salah satu kepala Hydra, dua kepala baru tumbuh kembali!

Medusa merupakan makhluk yang berwujud seorang wanita cantik dengan ular hidup sebagai rambutnya. Ular-ular tersebut bisa menggigit dan beracun. Siapapun yang menatap langsung pada matanya akan berubah menjadi batu.

Typhon adalah rakasa bengis dengan seratus kepala ular. Makhluk ini amat mengerikan bagi banyak orang, tetapi tidak bagi Dewa Zeus. Dengan petir yang kuat ia mampu mengalahkan binatang itu.