Inilah Alasan Mengapa pada Tahun 2015 Serangan Hiu Menempati Angka Tertingginya

By , Jumat, 12 Februari 2016 | 18:00 WIB

Sebanyak sembilan puluh delapan orang digigit oleh hiu pada tahun lalu dan enam di antaranya terbunuh, namun para ahli mengatakan bahwa in bukanlah waktu yang tepat untuk panik.

Dipacu oleh gelombang panas, pada tahun 2015 sebuah catatan terbaru mengenai serangan hiu di seluruh dunia sebanyan 98 kejadian termasuk enam korban manusia yang meninggal.

Dari total kejadian sebanyak 26 kali kejadian dari tahun sebelumnya dan 40 kejadian lebih pada satu dekade sebelumnya.

Menurut International Shark Attack, pemicu utama peningkatan insiden ini ialah adanya gelombang air panas dari El Nino dan pemanasan global (pada tahun 2015 juga merupakan tahun terpanas), sedikitnya jumlah badai di sebagian besar negara maju dan keadaan ekonomi yang relatif kuat telah mengirim para wisatawan untuk berlibur ke pantai.

baca juga : AUV Memperlihatkan Apa Saja Kegiatan Hiu Putih Besar Sepanjang Hari

Faktor-faktor tersebut dikombinasikan dan menempatkan orang lebih banyak pada jalur-jalur hiu yang sebenarnya hiu lebih memilih untuk menghindari orang-orang dan tidak memangsanya seperti yang ada di sebuah film, kata George Burgess, yang menyusun laporan tersebut meallui karyanya di Florida Museum of Natural History.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa di Amerika Serikat sudah tejadi sebanyak 59 serangan hiu, yang menciptakan rekor baru, dengan aktivitas tertinggi terjadi di Florida dan Carolina. Rekor sebelumnya menunjukkan bahwa 53 serangan pada tahun 2014. Di Australia, terjadi sebanyak 18 insiden pada tahun ini dan Afrika Selatan sebanyak 8 kali.

Sejak tahun 1900, jumlah serangan hiu terus meningkat. Alasan utamanya ialah pertumbuhan populasi manusia yang tinggi, kata Burgees. Di luar itu, banyak orang yang sering menghabiskan waktu mereka di dalam air, terutama dalam kegiatan yang memiliki risiko tinggi seperti surfing atau diving.

Sebagai perairan hangat, jumlah dari keberadaan hiu sudah diperluas, menempatkan masyarakat ke dalam kontak langsung dengan ikan besar ini ketika mereka tidak mengharapkannya.Bagian dari peningingkatan jumlah ini juga dapat dikaitkan dengan pelaporan yang lebih baik, kata Burgees.

baca juga : Drone Pelacak Hiu dan Drumlines Mencegah Serangan Hiu di Australia

"Saat ini, setiap serangan dijadikan sebuah pemberitaan utama, karena setiap orang sudah memiliki telepon di pantai dan dapat melaporkan kejadian tersebut," kata Burgeess. Di masa lalu, banyak peristiwa yang mungkin tidak dilaporkan.

Namun, risiko individu untuk perenang masih sangat rendah. Menghindari berenang pada malam hari dan di sekitar wilayah penangkapan ikan dapat menurunkan risiko lebih jauh.Burgees menambahkan bahwa penting untuk diingat karena hiu memainkan peran penting dalam ekosistem laut dan manusia hanyalah tamu di ekosistem laut tersebut.