Belum Ke Alor kalau Belum Ke Ling'al

By , Sabtu, 13 Februari 2016 | 12:00 WIB

Pulau Alor terkenal dengan keindahan bawah lautnya, tetapi disamping itu terdapat pula pantai cantik berpasir putih yang menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Alor. Pantai Ling'al, pantai yang terletak di Kecamatan Alor Barat daya ini akan memukau siapa saja yang datang ke sana.

Meski masih merupakan bagian di Pulau Alor, namun membutuhkan waktu tempuh yang cukup lama dari Kalabahi, pusat pemerintahan Kabupaten Alor. Moda transportasi yang bisa digunakan untuk berwisata ke pantai Ling'al adalah menggunakan kapal nelayan atau menggunakan transportasi darat.

Perlu waktu 3 jam berlayar dari pelabuhan Kalabahi. Alternatif lainnya adalah berangkat dari Dermaga Alor kecil yang berjarak sekitar 17 km dari Kalabahi. Perjalanan menggunakan kapal dari Dermaga Kalabahi pantai Ling'al akan memakan waktu 3 jam. Jika tidak merasa nyaman dengan perjalanan laut, bisa memilih perjalanan darat namun akan memakan waktu lebih dari 5 jam dengan kondisi jalan yang cocok bagi penyuka olahraga off road. Hanya mobil 4x4 dan motor trail yang yang disarankan melalui jalur ini.

Menikmati Pantai Ling'al dari atas bukit (Yhusanti Pratiwi)

Sesaat mengunjungi Ling'al, hamparan pasir putih akan menyilaukan mata. Pemandangan lebih indah akan terlihat jika wisatawan naik ke atas bukit batu untuk menikmati Pantai Ling'al secara keseluruhan. Perlu berjalan mendaki bukit sekitar 15 ment untuk mencapai puncak dan mendapatkan pandangan lepas. Meski memerlukan usaha yang cukup keras, namun pemandangan selama pendaki bukit akan terlihat indah dengan hamparan hijau ilalang, kontras dengan pemandangan pantai.

Setelah puas menikmati pemandangan dari atas bukit, wisatawan dapat bermain di pantai dengan lebih dari 2 km garis pantai berbentuk tanjung. Jika ingin menikmati Pantai Ling'al lebih lama, wisatawan bisa menyewa tenda dan payung dari warga sekitar atau bermalam di rumah warga.

Menikmati Pantai Ling'al memang tak cukup hanya sekejap namun tak boleh pula dilewatkan. Datang dan buktikan sendiri di Pulau Alor.