4 Hal penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Berkunjung Ke Alor

By , Sabtu, 13 Februari 2016 | 21:00 WIB

Siapkan perjalanan ke Alor dengan matang. Alor merupakan wilayah yang masih berkembang dalam sektor pariwisata, beberapa fasilitas mungkin belum berjalan secara maksimal. Perhatikan hal-hal penting yang akan menunjang kegiatan berwisata ke Nusa Kenari yang memiliki surga bawah laut ini agar kegiatan wisata berjalan nyaman dan lancar.

1. Tetapkan moda transportasi menuju Alor

Pulau Alor bisa dicapai dengan 2 macam moda transportasi yaitu udara dan laut. Hanya ada dua maskapai yang melayani penerbangan ke Bandar Udara Mali Alor dan keduanya memiliki jadwal penerbangan yang hampir bersamaan yaitu pada siang hari. Semua penerbangan ke Alor berangkat dari Bandara El Tari, Kupang yang  merupakan gerbang menuju destinasi-destinasi unggulan di NTT. Penerbangan sebaliknya dari Alor pun akan kembali membawa wisatawan ke Bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura 1 ini. Jika menggunakan moda transportasi ini, usahakan tiba di Kupang pada pagi hari. Moda Lain yang bisa digunakan adalah Moda Transportasi Laut. Pelabuhan Kalabahi yang terletak di pusat kota akan menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang memilih moda transportasi laut. Pelabuhan Kalabahi juga menyediakan keberangkatan ke beberapa pulau di Alor serta pulau-pulau lainnya di NTT termasuk ke Kupang.

2. Pastikan transportasi untuk menjelajah Alor

Alor cukup ramah bagi mereka yang ingin menggunakan angkutan umum, terdapat beberapa jalur angkutan kota di Alor. Jangan ragu untuk bertanya kepada supir atau meminta petunjuk warga setempat untuk mencapai tujuan wisata yang diinginkan. Jika ingin lebih ringkas, menyewa mobil bisa menjadi pilihan. Mintalah rekomendasi penyewaan mobil dari homestay atau hotel tempat menginap karena tidak banyak penyewaan mobil disana. Transportasi yang cukup krusial lainnya adalah kapal laut. Tidak lengkap menjelajah Alor tanpa menyaksikan keindahan bawah lautnya. Disarankan untuk menyewa kapal jika ingin menjelajah Alor dalam satu hari penuh. Kapal sewa bisa ditemukan dari Dermaga Kalabahi, Dermaga Alor Kecil dan Dermaga Kokat.

3. Sesuaikan dengan waktu berbaik, hindari musim hujan

Hindari musim hujan jika ingin berkunjung ke Alor, selain akan sulit beraktivitas, pemandangan bawah laut pun tidak akan begitu tampak indah. Menurut Ida Senimawan Malaum, salah satu guide lokal Alor, waktu terbaik untuk berkunjung ke pulau inni dan menikmati semua potensi pariwisatanya adalah dari April hingga Agustus saat musim hujan telah usai. Perkiraan arus laut juga harus diperhatikan karena wisatawan juga tidak bisa melakukan kegiatan bawah laut jika bertemu dengan arus yang cukup kuat. Waktu yang disarankan untuk snorkling di Alor adalah pagi hari sekitar pukul 7 - 11. Jangan sampai rencana yang sudah tersusun rapi menjadi gagal karena arus laut yang kuat atau terjebak hujan seharian. Selain wisata bahari, wisatawan juga bisa melihat beraneka ragam perayaan di Alor yang kaya akan budaya. rajin-rajin lah mencari informasi mengenai acara-acara di Alor.

4. Persiapkan uang tunai

Saat berkunjung ke Alor sebaiknya membawa uang tunai. Gerai ATM dan bank milik pemerintah memang telah banyak tersebar di sekitar Kalabahi dan beberapa daerah lain disekitarnya namun belum semua bank mudah ditemukan di kota besar masuk ke kawasan ini.  Tentu tidak mau liburan terganggu hanya karena kehabisan uang tunai saat membayar sewa kapal atau menyantap hidangan laut khas Alor. Untuk keamanan, perkirakan untuk membawa uang tunai secukupnya.