Astronom Menangkap Foto Nebula Menakjubkan

By , Minggu, 24 April 2016 | 17:00 WIB

Sebuah bintang muda menyinari nebula IC 2631 di gambar terbaru yang ditangkap dengan teleskop MPG / ESO 2,2 m milik ESO di La Silla Observatory, Chile.

IC 2631, juga dikenal sebagai Ced 112 dan BRAN 341C, adalah yang refleksi nebula, awan debu yang memantulkan cahaya dari bintang terdekat dengan ruang angkasa, menciptakan pertunjukan cahaya yang menakjubkan.

Objek ini adalah nebula paling terang di Kompleks Chamaeleon, wilayah besar gas dan debu awan yang menjadi pelabuhan banyak bintang yang baru lahir dan dalam proses pembentukkan. Kompleks ini terletak di konstelasi Chamaeleon selatan, sekitar 500 tahun cahaya dari Bumi.

IC 2631 diterangi oleh bintang yang sangat muda yang dikenal sebagai HD 97300.

Meskipun kehadirannya mendominasi, bobot dari HD 97300 tetap tersimpan dalam perspektif. Ini merupakan bintang T Tauri, terlihat paling muda bagi bintang yang relatif kecil. Seperti bintang-bintang yang telah dewasa mereka akan kehilangan massa dan menyusut.

Tapi selama fase bintang T Tauri ini belum berkontraksi dengan ukuran yang lebih sederhana, yang berarti bahwa mereka akan bertahan selama miliaran tahun sebagai bintang deret utama.

Bibit-bibit bintang memiliki suhu permukaan mirip dengan fase urutan utama dan sesuai, karena fase bintang T Tauri pada dasarnya memiliki bentuk lebih besar dibanding bentuk ke depannya, mereka tampak lebih cerah di masa muda daripada saat dewasa.

Mereka belum mulai meleburkan hidrogen menjadi helium di inti mereka, seperti biasa di urutan bintang utama, akan tetapi baru memulai untuk melenturkan otot termal mereka dengan menghasilkan panas dari kontraksi.

Refleksi nebula, seperti yang diahirkan oleh HD 97300, hanya menghamburkan cahaya kembali ke ruang angkasa. Cahaya bintang yang lebih energik, seperti radiasi UV yang tercurah dari bintang-bintang baru yang sangat panas, dapat mengionisasi gas di dekatnya, sehingga memancarkan cahaya sendiri.

Emisi nebula menunjukkan adanya bintang yang lebih panas dan lebih kuat, yang pada masa kematangan mereka nanti, dapat diamati dari ribuan tahun cahaya.