Burung Raksasa Berkeliaran di Arktik 50 Juta Tahun Lalu

By , Minggu, 24 April 2016 | 14:00 WIB

Benar-benar ada burung raksasa dengan ukuran kepala kuda yang berkeliaran di senja musim dingin Arktik, 53 juta tahun yang lalu. 

Konfirmasi tersebut datang dari sebuah studi terbaru yang dilakukan para peneliti dari Chinese Academy of Sciences di Beijing dan Universitas Colorado Boulder. Para peneliti menggambarkan bukti pertama dan satu-satunya fosil dari burung besar Arktik yang dikenal sebagai Gastornis.

Bukti  terdiri dari tulang kaki dari fosil tunggal dengan tinggi 6-kaki, dengan berat beberapa ratus pound, burung berasal dari Pulau Ellesmere di atas Lingkaran Kutub Utara. Fosil yang ditemukan hampir sama dengan tulang kaki dari burung besar yang ditemukan di Wyoming dan diperkirakan dari waktu yang sama.

Profesor Thomas Stidham dari Chinese Academy of Sciences di Beijing mengugkapkan bahwa fosil Gastornis (sebelumnya Diatryma) dari Pulau Ellesmere telah dibahas oleh ahli paleontologi sejak dikumpulkan pada tahun 1970. Ia juga muncul di beberapa daftar fauna prasejarah di sana. Tapi ini adalah pertama kalinya tulang diteliti dan dijelaskan dengan seksama. Fosil Gastornis juga telah ditemukan di Eropa dan Asia.

"Kami tahu ada beberapa fosil burung dari atas sana, tapi kami juga tahu mereka sangat langka," kata Eberle, seorang profesor dalam ilmu geologi yang melakukan penelitian tentang fosil mamalia, reptil dan ikan. Selain tulang Gastornis dari Ellesmere, ilmuwan lain melaporkan melihat jejak fosil di sana, mungkin dari burung terbang besar, meskipun berada di lokasi tertentu yang belum diketahui.